China Berhasil Luncurkan Roket Shenzhou 10 Membawa Tiga Astronot

Peluncuran roket Shenzhou 10 dari Jiuquan Satellite Launch Center di gurun Gobi. Klik gambar untuk memperbesar. Image credit: CCTV

China berhasil meluncurkan roket Shenzhou 10 yang mengangkut tiga astronot yakni Nie Haisheng, Zhang Xiaoguang dan Wang Yaping. Mereka diberangkatkan dari Jiuquan Satellite Launch Center di Gurun Gobi sebelah barat laut China pada pukul 5:38 am waktu setempat. Untuk selanjutnya mereka akan melakukan docking dengan modul Tiangong 1.

Penerbangan mereka hingga mencapai modul Tiangong 1 diperkirakan akan memakan waktu selama 15 hari. Nie Haisheng seorang astronot berusia 48 tahun selaku pemimpin misi, akan melakukan proses docking manual dengan Tiangong 1. Astronot Wang Yaping adalah satu-satunya wanita pada misi kali ini yang sekaligus sebagai astronot wanita kedua China. Wanita berusia 33 tahun tersebut adalah seorang guru fisika di sekolah. harapannya ia bisa memberikan pengalamannya ini kepada para siswanya sepulang dari menjalankan misi ini.

Astronot pria lainnya yaitu Zhang Xiaoguang merupakan astronot baru China. Ia mengaku telah menanti-natikan saat ini selama 15 tahun. “terbang adalah mimpi saya, saya berusaha untuk mewujudkan mimpi, saya beruntung dan sangat senang tapi terkadang juga mengalami kesulitan dan frustasi, saya sangat senang dengan hasil kerja keras saya,” ungkap Zhang.

Selama di angkasa dan docking dengan Tiangong 1, mereka akan menjalankan serangkaian percobaan. Modul Taiangong 1 diluncurkan pada September 2011 dengan berat hampir 8,5 ton. Nantinya modul tersebut akan terdiri dari tiga kapsul yang terdiri dari dua laboratorium dan satu unit kapsul inti. Rencananya China akan mengoperasikan stasiun luar angkasanya ini pada tahun 2020 mendatang. (SP, SD, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s