Astronom Berhasil Temukan Tiga Planet Mirip Bumi di Sekitar Bintang Gliese 667C

Ilustrasi keadaan di salah satu planet yang mengorbit bintang Gliese 667C yakni Gliese 667Cd. Tampak juga 2 bintang lainnya yang terlihat lebih redup. Klik gambar untuk memperbesar Image credit: ESO/M. Kornmesser

Astronom berhasil menemukan 3 planet mirip Bumi yang berada pada satu sistem tata surya. Ketiga planet tersebut menginduk sebuah bintang bernama Gliese 667C yang memiliki massa sepertiga dari massa Matahari kita. Bintang Gliese 667C sendiri sebenarnya merupakan bagian dari sistem tiga bintang (triple star system) yang disebut Gliese 667 (GJ 667). Bintang Gliese 667C berjarak 22 tahun cahaya dari Bumi yakni di konstelasi Scorpio (The Scorpion).

Pada pengamatan sebelumnya, astronom mengungkapkan bahwa bintang tersebut memiliki 3 planet (eso0930) dengan salah satu diantaranya berada pada zona layak huni. Namun hasil pengamatan terbaru yang dilakukan oleh astronom Guillem Anglada-Escude dari University of Gottingen dan Mikko Tuomi dari University of Hertfordshire berhasil menemukan hal baru.

Dari data yang diperoleh dari instrumen HARPS, Very Large Telescope (VLT), WM Keck Observatory dan teleskop Magellan, mereka menemukan ada 7 planet yang mengorbit bintang Gliese 667C.

Jika diilustrasikan, maka salah satu planet diantaranya akan memiliki 3 matahari dengan satu matahari terang dan dua lainnya redup. 2 bintang redup itu akan nampak seperti 2 bulan jika malam hari. Uniknya 3 planet tersebut berada pada zona layak huni.

“Kami tahu bahwa ada 3 planet yang berada pada zona layak huni di sekitar bintang itu, dan kami ingin tahu apakah masih ada lagi,” ungkap Mikko Tuomi. 3 planet yang ditemukan itu disebut sebagai Super Earth sebab ukurannya yang lebih besar dari Bumi dan berada pada zona layak huni. Sangat dimungkinkan air dalam wujud cair bisa berada di permukaannya. “Jumlah planet layak huni di galaksi kita jauh lebih banyak dapat ditemukan pada bintang dengan massa yang rendah,” kata Rory Barnes dari University of Washington.

Sistem tata surya seperti tata surya kita banyak ditemukan di galaksi Bima Sakti, namun rata-rata tidak memungkinkan untuk ditinggali karena kondisinya yang terlalu panas. Bintang redup bermassa rendah seperti Gliese 667C sangat cocok untuk menjadi induk dari planet mirip Bumi. Jarak antara bintang Gliese dengan planet Super Earthnya lebih kurang seperti jarak Merkurius dengan bintangnya. Bedanya bintang Gliese 667C tidak sepanas Matahari kita. Siapa tahu dimasa yang akan datang planet-planet tersebut bisa menjadi pengganti Bumi kita yang sudah tua ini. (SP, Adi Spautro/ http://www.astronomi.us)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s