Galaksi PGC 9074 dan PGC 9071, Dua Galaksi Kembar yang Bersiap Menjadi Satu

Galaksi PGC 9074 (kiri) dan galaksi PGC 9071 (kanan). Image credit: ESA, Hubble, NASA

Di konstelasi Triangulum (Segitiga) ada sepasang galaksi yang bisa dikatakan sebagai galaksi kembar karena keduanya sangat mirip yaitu galaksi PGC 9074 dan galaksi PGC 9071. Keduanya secara pelan tapi pasti saling mempengaruhi dalam hal gravitasi meskipun belum ada tanda-tandanya secara signifikan. Namun astronom meyakini bahwa ini merupakan awal dari interaksi garvitasi diantaranya keduanya.

Dua galaksi tersebut merupakan galaksi spiral yang memiliki bentuk berbeda. Di sebalah kiri gambar terlihat galaksi PGC 9074 dengan fitur cerah dan dua lengan spiral di sekitar inti. Di sebelah kanan tampak galaksi PGC 9071 tampak lebih langsing dengan debu yang lebih sedikit.

Debu yang ada pada lengan kedua galaksi menutupi cahaya dari bintang-bintang muda yang baru lahir yang sinarnya tampak berwarna biru. Dan bintang yang telah berumur terlihat berada di dekat pusat galaksi berwarna kekuningan. Ada fitur halo redup di bagian luar galaksi yang berasal dari cahaya bintang tua dari galaksi.

Secara bertahap kedua galaksi akan saling tarik menarik satu sama lain dan akibatnya proses pembentukkan bintang akan meningkat dan akhirnya setelah ratusan juta tahun ke depan, kedua galaksi itu akan bergabung menjadi satu galaksi yang lebih besar. (PHS, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s