Astronom Swedia, Planet Bisa Terbentuk Tanpa Bintang

Ilustrasi planet pengembara CFBDSIR J214947.2-040.308,9 atau CFBDSIR2149. Image credit: ESO/L. Calçada/P. Delorme/Nick Risinger/R. Saito/VVV Consortium

Astronom dari Chalmers University of Technology dan Universitas Stockholm, Swedia, baru-baru ini mengungkapkan bahwa planet bisa terbentuk tanpa bintang induknya. Kesimpulan itu didapat setelah mereka berhasil menemukan awan / nebula gelap dingin yang memungkinkan hal seperti itu bisa terjadi. Berdasarkan hasil survey terbaru yang dilakukan astronom, setidaknya ada 200 miliar planet di galaksi Bima Sakti yang merupakan planet pengembara / planet bebas yang tidak memiliki bintang. Selain karena dibentuk oleh awan / nebula gelap tadi, diantara planet pengembara tersebut juga ada yang terlempar ke luar dari sistem tata surya asli mereka.

Astronom Swedia dengan menggunakan beberapa teleskop canggih mengamati nebula Rosette yang merupakan nebula berbentuk mirip seperti mawar dan berjarak 4600 tahun cahaya dari Bumi. Beberapa awan hitam gelap nampak di skeitar nebula Rosette. “Nebula Rosette adalah rumah bagi lebih dari 100 nebula kecil yang disebut globulettes,” ungkap pemimpin penelitian Gosta Gahm dari Universitas Stockholm. “Mereka sangat kecil dan masing-masing diameternya kurang dari 50 kali jarak Matahari – Neptunus,” tambahnya.

Para astronom akan melakukan penelitian mengenai massa dan kepadatan dari globulettes tersebut. “kami menemukan bahwa globulettes sangat padat dan menyatu, dan banyak dari globulettes itu yang mempunyai inti padat,” ucap Carina Persson astronom dari Chalmers University of Technology. “Hal itu menyebabkan bahwa sangat dimungkinkan globulettes tersebut akan runtuh karena gravitasi mereka dan membentuk planet mengambang bebas yang disebut panet nakal / planet pengembara,” tambahnya lagi.

Dalam sejarahnya, galaksi Bima Sakti memiliki jutaan nebula seperti nebula Rosette yang telah berkembang dan memudar dan banyak globulettes yang terbentuk dan dari situlah didapatkan petunjuk dari mana planet-planet pengembara itu berasal. (SD, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s