Astronom Temukan Asteroid Trojan Dekat Planet Uranus

Foto astroid 2011 QF99 (lingkaran hijau). Image credit: Mike Alexandersen

Untuk pertama kalinya astronom berhasil menemukan asteroid trojan yang mengorbit bersama planet Uranus. Asteroid trojan adalah asteroid yang mengorbit dekat orbit dengan sebuah planet namun orbit keduanya tidak berbenturan disebabkan karena orbit asteroid trojan berada pada titik stabil (Lagrangian Point). Lagrangian Point sendiri adalah titik-titik / daerah dimana terdapat tarikan gaya gravitasi gabungan antara dua obyek bermassa besar yang mana tarikan itu justru memberikan gaya sentripetal kepada obyek lain untuk ikut mengorbit bersama. Asteroid trojan yang diketahui mengorit bersama planet Uranus bernama asteroid 2011 QF99.

Asteroid 2011 QF99 diperkirakan terjebak di orbit dekat Uranus akibat gaya gravtasi antara Uranus dengan Neptunus. Menurut Mike Alexandersen dari Institute of Planetary Science, asteroid 2011 QF99 “terjebak” oleh Uranus pada beberapa ratus ribu tahun yang lalu dan dalam beberapa juta tahun asteroid trojan itu bisa saja melarikan diri dari pengaruh gravitasi dan keluar dari orbitnya sekarang. “Ini membuat kita tahu tentang evolusi tata surya,” ungkap Mike. “Dengan mempelajari proses dimana asteroid trojan ditangkap, untuk kemudian terlepas, kita bisa lebih memahami bagaimana obyek tata surya bermigrasi dari wilayah planet di tata surya,” tambahnya. (RO, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)