Terungkapnya Misteri Terbentuknya Kawah Meteor Misterius di Mars

Kawah meteor DLE (Double Layered Ejecta) di Mars. Image credit: NASA

Ilmuwan saat ini selangkah lebih dekat untuk mengungkap misteri yang selama 40 tahun tidak terpecahkan yaitu bagaimana proses terbentuknya kawah meteor di Mars yang memiliki dua lapisan di sekeliling kawah. Fitur misterius yang disebut dengan Double Layered Ejecta (DLE) sangat mengundang rasa penasaran ilmuwan karena bagaimana mungkin hempasa meteor yang hanya satu kali menghantam permukaan Mars bisa menghasilkan tepian kawah dengan lebih dari satu lapis tanah.

Meteorit yang jatuh menghantam permukaan tanah akan melemparkan tanah dan batuan ke atas dan sekeliling area tumbukan. Tumbukan itu akan menghasilkan sesuatu yang mirip dengan tsunami tapi bukan air melainkan tanah.

Setidaknya ada 600 kawah DLE yang telah ditemukan di Mars dan ilmuwan sudah memiliki petunjuk bagaimana mereka terbentuk. Es yang mencair adalah penyebabnya.

DLE sendiri pertama kali ditemukan oleh wahana Viking pada tahun 1970. Kemudian pada penelitian selanjutnya ditemukan fakta bahwa pada masa lalu es dan air menutupi sebagian besar planet merah. Pada saat itu lapisan es yang ada bisa mencapai 50 meter tebalnya. Akibat tumbukan meteorit, permukaan es yang licin membawa material yang terlempar tadi meluncur ke luar dan membentuk lapisan kawah yang ke dua.

Tingkat kecuraman lereng kawah juga memegang peranan penting. Semakin curam maka material akan semakin mudah meluncur dan membentuk lapisan kawah. Setidaknya ukuran diameter kawah harus kurang dari dari 25 km agar hal itu bisa terjadi. (SP, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s