Foto Cantik Galaksi Bima Sakti dan Airglow yang Bersinar

Image credit: Miguel Claro

Fotografer asal Portugal Miguel Claro berhasil mengambil foto pemandangan yang menakjubkan dari danau Alqueva pada malam hari. Tampak begitu jelas galaksi Bima Sakti yang bercahaya. Dari foto itu kita bisa melihat daerah paling tengah di galaksi Bima Sakti yang terletak di konstelasi Scorpio dan Sagitarius di mana di sana terdapat Nebula Lagoon (M8) dan Nebula Trifid (M20).

Image credit: Miguel Claro

Di bagian langit bawah pada foto tampak ada cahaya kuning dan hijau. Itu bukan aurora Borealis melainkan airglow. Apa itu airglow?? Secara ilmiah Airglow atau nightglow adalah emisi cahaya yang sangat lemah pada atmosfer sebuah planet sehingga langit malam tidak benar-benar gelap. Pada atmosfer Bumi, airglow merupakan sebuah fenomena optik dimana cahaya Matahari di bagian Bumi yang terang, menyebar di atmosfer ke sisi langit gelap Bumi.

Fenomena airglow ini pertama kali ditemukan dan diselidiki oleh ilmuwan Swedia, Anders Angstrom pada tahun 1868. Angstrom menemukan berbagai macam reaksi kimia yang menghasilkan energi elektromagnetik sebagai bagian dari proses terbentuknya airglow.

Warna kuning yang tampak berasal dari emisi cahaya dari atom natrium pada ketinggian hingga 92 km dan cahaya hijau di atasnya merupakan emisi cahaya dari atom oksigen dengan ketinggian 90-100 km. Fenomena ini juga bisa dilihat dari ISS. Sangat cantik ya 😀 (Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)