Saking Kuatnya, Gaya Gravitasi Galaksi Ini Bisa Membelokkan Cahaya

Foto galaksi cluster Abell S1077 yang dambil oleh teleskop Hubble. Saking kuatnya gravitasi sampai-sampai mampu membelokkan dan melengkungkan cahaya. Image credit: ESA/Hubble & NASA

Teleskop Hubble kembali membuat kejutan. Kali ini teleskop Hubble berhasil mengambil foto galaksi cluster (galaxy clusters) Abell S1077. Galaksi ini sangat istimewa karena memiliki gravitasi yang sangat kuat dan saking kuatnya sampai-sampai bisa membelokkan cahaya.

Galaksi cluster adalah suatu kelompok besar galaksi dimana setiap galaksi memiliki jutaan bintang. Galaksi cluster merupakan struktur terbesar di alam semesta dan setiap galaksi di dalamnya mempunyai hubungan gravitasi yang saling tarik-menarik.

Gravitasi yang sangat kuat itu memberikan efek seperti lensa pembesar sehingga seolah-olah cahaya dari sebuah galaksi terlihat melengkung dan menjadi garis-garis karena terdistorsi oleh gravitasi tersebut. Manfaat positifnya, kita bisa melihat obyek yang jauh dibelakang galaksi yang secara normal tidak bisa kita lihat. Dengan cahaya yang menjelma menjadi garis tadi, kita jadi bisa melihatnya.

Astronom menggunakan galaksi cluster untuk melihat dan menemukan obyek lain yang lebih jauh di alam semesta dikarenakan efek gravitasinya yang berkerja seperti kaca pembesar alami. (PHS, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s