Orbital Sciences Sukses Luncurkan Roket Antares dan Kapsul Cygnus ke ISS

Peluncuran kapsul Antares yang membawa kapsul Cygnus oleh Orbital Sciences Corp pada 19 September 2013. Klik gambar untuk memperbesar. Image credit: NASA

Orbital Sciences Corp akhirnya sukses meluncurkan roket Antares dan kapsul Cygnus pada hari Kamis 19 September 2013 atau hari Rabu 18 September 2013 pukul 10:58 waktu Amerika. Roket Antares meluncur dari NASA’s Wallops Flight Facility, Virginia, untuk mengirimkan perbekalan ke International Space Station (ISS).

Peluncuran itu turut disaksikan oleh astronot yang ada di ISS yakni Fyodor Yurchikhin dan Karen Nyberg. “Selamat untuk Orbital Sciences. peluncuran besar yang menakjubkan dan kami tunggu Cygnus pada hari Minggu,” seperti yang dikutip dari kicauan astronot Karen Nyberg di twitter.

Setelah mencapai orbit, roket Antares dan kapsul Cygnus akan terpisah untuk kemudian kapsul Cygnus menempuh perjalanan selama empat hari hingga sampai ke ISS pada hari Minggu atau Senin. Nantinya astronot akan menggunakan robot Canadarm2 untuk menjangkau kapsul Cygnus dan merapatkannya dengan ISS. Kapsul Cygnus membawa kargo dan perbekalan seberat 590 kiligram dan akan berada di ISS selama lebih kurang satu bulan sebelum memisahkan diri dan menghancurkan dirinya. Hal ini berbeda dengan kapsul Dragon SpaceX yang mempunyai kemampuan untuk kembali ke Bumi. (ST, NS, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)