Iran Akan Kirim Monyet dan Kucing Persia ke Luar Angkasa

Monyet yang pernah dikirim Iran ke luar angkasa. Image credit: afp

Iran berencana akan mengirimkan monyet dan kucing persia ke luar angkasa sebagai pengganti manusia sebelum mereka benar-benar meluncurkan misi berawak pertama ke luar angkasa pada tahun 2020 seperti yang disampaikan oleh juru bicara Iran Space Agency (ISA).

Kucing merupakan hewan ketiga yang akan diterbangkan oleh Iran setelah sebelumnya mereka menerbangkan anjing dan monyet. Keputusan Iran ini menuai banyak kecaman terutama dari kelompok penyayang binatang dan pembela hak asasi hewan. “Percobaan Iran adalah suatu kemunduran dan teknik primitif seperti tahun 1950-an,” ucap juru bicara hak asasi hewan Ben Williamson. “Lembaga antariksa Amerika dan Eropa berhenti mengirim hewan ke luar angkasa bukan hanya karena itu tidak etis tapi itu juga hal yang sangat buruk sebab penelitian dengan metode canggih saat ini sudah tersedia,” tambahnya.

Sebelumnya pada bulan Januari 2013, Iran mengklaim berhasil mengirimkan monyet ke luar angkasa dan mengembalikannya lagi ke Bumi dengan selamat tapi hal itu masih diragukan kebenarannya.

Tahun 2009 Iran untuk pertama kalinya menerbangkan satelit sendiri ke orbit setelah sebelumnya mencoba mengirimkan tikus, kura-kura, dan cacing ke luar angkasa. Kemungkinan dalam 45 hari ke depan, Iran akan terlebih dulu mengirimkan monyet dengan menggunakan roket Pishgam II.

Percobaan Iran ini dicurigai pihak barat sebagai eksperiman untuk melakukan uji coba penerbangan hulu ledak nuklir. (ST, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s