5 November Nanti India Akan Luncurkan Wahana Pengorbit ke Mars

Insinyur ISRO sedang mempersiapkan wahana India’s Mars Orbiter. Image credit: ISRO

India, salah satu negara di benua Asia yang memiliki program luar angkasa terbaik, kini tengah bersiap untuk meluncurkan sebuah wahana pengorbit ke planet Mars. Misi yang disebut dengan Mars Orbiter Mission (MOM) itu semakin membuat persaingan teknologi luar angkasa semakin berlangsung sengit diantara negara-negara di benua Amerika, Eropa, dan Asia. Tujuan India mengirim wahana ke planet merah adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana kemampuan mereka dibidang teknologi luar angkasa selain untuk melakukan beberapa penelitian ilmiah.

Wahana India’s Mars Orbiter seberat 1,3 ton dengan dilengkapi dengan berbagai instrumen penelitian akan digunakan untuk mempelajari permukaan, topografi, dan atmosfer planet Mars. Wahana itu nantinya juga ditugaskan untuk mencari bukti keberadaan metana yang saat ini juga sedang dicari oleh robot penjelajah NASA, Curiosity.

Berbagai instrumen penelitian disematkan pada IMO. Image credit: ISRO

Selain menuai pujian dari banyak pihak, tak jarang juga yang mengkritik pemerintah India yang dinilai telah melakukan pemborosan sebab masih banyak hal yang sebanrnya harus dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat India yang mayoritas masih hidup dalam kemiskinan. Namun menurut mantan ilmuwan senior ISRO (Indian Space Research Organisation) K.R. Sridhara Murthy, beranggapan bahwa misi ini akan menjadi batu loncatan untuk banyak kemajuan India dimasa depan. Tapi ia menambahkan bahwa pemerintah juga tidak boleh mengesampingkan perhatian terhadap kesejahteraan masyarakatnya sendiri.

Roket PSLV-C25 yang digunakan untuk meluncurkan IMO. Image credit: ISRO

Untuk misi ke Mars, pemerintah India menganggarkan sekitar $70 juta dan ini relatif sangat kecil jika dibandingkan dengan misi NASA yang satu wahananya saja bisa menghabiskan dana ratusan juta dollar. Kita lihat saja pada 5 November 2013 nanti. Jika misi ini berhasil, maka India akan menjadi yang keempat yang berhasil menjalankan misi di Mars selain Rusia, Amerika Serikat, dan ESA (European Space Agency). (MD, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s