Astronom Temukan Planet Kapteyn b yang Mungkin Bisa Ditinggali Manusia

Ilustrasi perbandingan planet Kapteyn b dengan Bumi. Klik gambar untuk memperbesar. Image credit: upr

Astronom London telah mengkonfirmasi bahwa mereka berhasil menemukan sebuah planet yang sangat dimungkinkan untuk memiliki / mendukung adanya kehidupan. Uniknya jarak planet itu jika dibandingkan dengan eksoplanet lainnya relatif dekat dari Bumi yakni sekira 13 tahun cahaya. Planet yang diberi nama Kapteyn b itu mengorbit sebuah bintang yang kerdil yang disebut sebagai bintang Kapteyn (Kapteyn Star). Planet Kapteyn b ini sangat aneh, sebab usianya sangat tua yakni 11,5 miliar tahun yang artinya 2,5 kali lebih tua dari usia Bumi dan hanya selisih 2 miliar tahun dari usia alam semesta. Dari usia planet yang sudah begitu tua, maka sangat dimungkinkan sekali di sana sudah ada kehidupan. “Itu membuat Anda bertanya-tanya, kehidupan seperti apakah yang bisa berevolusi pada sebuah planet dalam waktu yang lama,” kata penulis penelitian ini, Guillem Anglada-Escude dari Queen Mary University di London. Selain karena usia planet Kapteyn b yang sudah sangat tua, planet tersebut juga dijuluki sebagai Super Earth (Bumi Super) sebab massanya yang lebih besar sekira 5 kali dari massa Bumi.

Anglada-Escude juga menyatakan bahwa selain planet Kepteyn b, ditemukan juga planet Kepteyn c. Planet Kepteyn c ini agak berbeda karena sepertinya tidak mendukung adanya kehidupan dikarenakan suhunya yang terlalu dingin. Untuk sekali mengelilingi bintangnya, planet Kepteyn b memerlukan waktu 48 hari, sedangkan Kapteyn c 121 hari.

Kedua planet ini terdeteksi keberadaannya oleh spektrometer HARPS di Observatorium La Silla di Chile. Kemudian pengamatan dilanjutkan menggunakan dua spektrometer lain yakni spektrometer HIRES di Keck Observatory, Hawai dan PFS di teleskop Magellan II, Chile. Awalnya astronom mencatat getaran kecil dari hentakan gravitasi yang diinduksi oleh pergerakan bintang Kepteyn. Hentakan ini menyebabkan adanya pergeseran cahaya Bintang kepteyn. Dari situ astronom mengetahui bahwa ada planet yang mengorbit bintang tersebut. Bintang Kepteyn sendiri adalah sebuah bintang katai / kerdil yang berukuran sepertiga dari Matahari kita dan terletak di selatan konstelasi Pictor.

Stellarium bintang Kapteyn. Klik gambar untuk memperbesar. Image credit: UT

Bintang Kapteyn sendiri pertama kakali ditemukan oleh astronom Belanda, Jacobus Kapteyn pada abad ke-19. Bintang Kapteyn ini lahir dari sebuah galaksi kerdil yang kemudian ditelan oleh galaksi Bima Sakti. (PHS, UT, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s