Dua Planet ini Akan Dimakan Oleh Bintangnya Sendiri

Ilustrasi planet Kepler-56b dimakan oleh bintangnya. Klik gambar untuk memperbesar. Image credit: David A. Aguilar (CfA)

Berita mengejutkan datang dari sistem Kepler-56 dimana dua planet yakni Kepler-56b dan Kepler-56c akan segera dimakan oleh bintangnya sendiri. Bintang Kepler-56 diketahui menjadi bintang raksasa merah dan membesar sekira 4 kali ukuran Matahari kita. Semakin tua usia bintang, maka akan semakin besar juga ukurannya. Hal itu akan membuat planet yang mengorbitnya akan terpengaruh efek gravitasinya. Seperti planet Kepler-56b yang mengorbit bintang Kepler-56 hanya dalam waktu 10,5 hari dan Kepler-56c yang mengorbit setiap 21,4 hari.

Jarak kedua planet tersebut lebih dekat dari pada jarak Merkurius dengan Matahari. Akibatnya dalam waktu yang tidak lama (dalam standar astronomi) kedua planet tersebut akan ditelan oleh bintang Kepler-56. Astronom Gongjie Li dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CfA) mengatakan bahwa ia dan tim telah menghitung kapan tepatnya kedua planet itu akan dimakan dan mereka menyimpulkan bahwa untuk Kepler-56b akan dimakan sekira 130 juta tahun dan Kepler-56c 155 juta tahun dari sekarang. Sebelum dimakan, kedua planet akan dilanda pemanasan dahsyat dari bintang yang semakin membesar. Atmosfernya akan menguap dan menghilang, selanjutnya planet itu akan berbentuk elips mirip telur lalu ditelan oleh bintang Kepler-56. (SCD, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s