ESA: Medan Magnet Bumi Mengalami Perubahan

Perubahan medan manet Bumi berdasarkan data Swarm. Klik gambar untuk memperbesar. Image credit: esa

Menggunakan data yang didapat dari wahana Swarm, ilmuwan ESA (European Space Agency) menyimpulkan bahwa medan magnet Bumi telah mengalami perubahan. Dari data yang didapat selama 6 bulan itu mereka mendapati bahwa di belahan Bumi sebelah barat terjadi penurunan kekuatan medan magnet. Sedangkan di daerah Selatan Samudera Hinda, medan magnet mengalami penguatan.

Ilustrasi tiga wahana Swarm sedang mengorbit Bumi. Image credit: esa

Data yang diperoleh merupakan hasil pengamatan tiga wahana Swarm milik ESA yang diluncurkan pada November 2013 lalu yang menganalisa perubahan medan magnet Bumi. Saat ini yang baru dianalisa adalah peran inti Bumi dalam mempengaruhi perubahan medan magnet dan dalam beberapa bulan ke depan, ilmuwan ESA juga akan mengamati apakah perubahan medan magnet Bumi ini juga dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti mantel Bumi, kerak, lautan, ionosfer, dan magnetosfer.

Seperti yang diketahui bahwa medan magnet Bumi berperan penting bagi kelangsungan kehidupan di Bumi, sebab ia melindungi Bumi dari radiasi kosmik dan serbuan partikel bermuatan dari Matahari yang datang melalui angin surya yang jika menembus Bumi, maka kehidupan akan musnah akibat radiasi.

Informasi yang didapat ilmuwan ini akan digunakan untuk menjawab pertanyaan, apa yang menyebabkan medan magnet Bumi ini melemah. (esa, Adi Saputro/ http://www.astronomi.us)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s