Mengenal Bintang Ganda Zeta Reticuli

http:// .blogspot.com/
Zeta Reticuli (Zeta1 Reticuli dan Zeta2 Reticuli)

Zeta Reticuli (ζ Ret / ζ Reticuli) adalah sistem bintang ganda yang terletak sekitar 39 tahun cahaya (12 parsecs) dari Bumi. Zeta Reticuli terletak di rasi bintang Reticulum, dan dapat dilihat dengan mata telanjang pada langit yang sangat gelap. Zeta2 Reticuli di orbit oleh cakram puing-puing. Kedua bintang ini memiliki karakteristik yang sama seperti Matahari. Mereka termasuk ke dalam kelompok bintang Zeta Herculis Moving Group yang memiliki asal-usul yang sama.

Kedua bintang ini berbagi gerakan yang sama melalui ruang angkasa, yang menyatakan bahwa mereka terikat secara gravitasional dan membentuk sistem wide binary star. Jarak antara dua bintang ini setidaknya 3.750 AU, sehingga periode orbit mereka adalah 170.000 tahun atau lebih

Kedua bintang memiliki karakteristik fisik yang mirip dengan Matahari, sehingga mereka dianggap pengganti/kembaran Matahari. Zeta1 Reticuli (ζ1) memiliki massa 96% massa Matahari (0,958) dan radius 84% dari radius Matahari (0,84). Sedangkan Zeta2 Reticuli (ζ2) sedikit lebih besar dan lebih bercahaya dibandingkan ζ1, dengan 99% dari massa Matahari dan 88% dari radius Matahari. Kedua bintang ini agak kekurangan logam, hanya memiliki 60% dari proporsi unsur-unsur selain hidrogen dan helium dibandingkan dengan Matahari. Untuk alasan yang masih belum pasti, mereka memiliki anomali kandungan berilium yang rendah.  

Kedua bintang dianggap tidak biasa karena mereka memiliki luminositas lebih rendah dari bintang normal yang masuk dalam bintang deret utama karena usia dan suhu permukaan. Artinya, mereka terletak di bawah kurva deret utama pada diagram HertzsprungRussell untuk bintang yang baru terbentuk. Sebagian besar bintang akan berkembang di atas kurva ini dengan bertambahnya usia mereka.

Sistim Planet

Bertentangan dengan pernyataan dari beberapa pendukung UFOlogi dan karya fiksi, Zeta Reticuli tidak memiliki planet yang dikenal. Pada tanggal 20 September 1996, penemuan sementara dari Hot Jupiter ζ2 dilaporkan, tetapi penemuan itu cepat ditarik karena sinyal yang di duga planet itu ternyata disebabkan oleh denyutan bintang.

Pada tahun 2002, ζ1 diperiksa pada panjang gelombang inframerah dari 25 pM, tapi tidak ada indikasi kelebihan radiasi inframerah yang ditemukan. Pada tahun 2007, Spitzer Space Telescope digunakan untuk menemukan kelebihan inframerah pada panjang gelombang 70 m di sekitar ζ2. Radiasi ini kemungkinan dipancarkan oleh cakram puing-puing dengan suhu rata-rata 150 K (-123 ° C) yang mengorbit bintang induknya pada jarak 4,3 AU.

Zeta Reticuli Dalam UFOlogi

Dalam
ufologi, alien grey yang terkenal itu berasal dari Zeta Reticuli. Alien
Grey yang menculik Bety dan Barney Hill juga berasal dari
Zeta Reticuli.
Sementara planet Serpo yang diduga terletak di sistem bintang ini
melakukan pertukaran rahasia dengan pemerintah Amerika Serikat dalam
Proyek Serpo.

Baca juga :

Bintang Zeta Reticuli Dalam UFOlogi (Bagian I)
Bintang Zeta Reticuli Dalam UFOlogi (Bagian II)


‘ ‘

Advertisements