Orang Ini Memiliki Tugas Paling Unik Di NASA

http:// .blogspot.com/
George Aldrich

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tak hanya merekrut pilot, astronot, insinyur roket, atau ilmuwan, tapi juga ahli khusus untuk mengidentifikasi bau. 

Salah satunya, George Aldrich. Pria 40 tahun itu punya pekerjaan yang mungkin masuk kategori ‘paling aneh di dunia’. Ia bertugas mengendus atau membaui segala sesuatu yang akan dikirim ke ruang angkasa. 

Meski kedengarannya sepele, apa yang dilakukan Aldrich sangat penting. Bahkan berisiko. Sebab, bau apapun akan tercium kuat di luar angkasa dan tertinggal selama bertahun-tahun. 

Bau itu akan mengganggu para astronot serta dapat mempengaruhi produktivitas mereka dalam bekerja. Bahkan, dapat membuat mereka jatuh sakit. 

“Jika George gagal untuk mengidentifikasi satu saja bau yang mungkin beraroma kuat, seluruh misi bisa terancam bahaya besar,” demikian menurut situs Science Channel. 

Jika bau tak sedap tercium di Bumi, kita masih bisa mengusir bau tersebut, dengan cara membuka jendela atau ke luar ruangan untuk mencari angin segar. 

Sementara, di angkasa luar, membuka jendela untuk membuat bau itu pergi, adalah hal mustahil. Itu sebabnya mengapa pekerjaan George Aldrich sangat penting.  Aldrich sudah 38 tahun bekerja menciumi segala macam bau di Lyndon B. Johnson Space Center milik NASA. “Teman-teman dan keluargaku berpikir, aku sedikit gila,” kata dia.

‘ ‘

Advertisements