Pawai Komet Pan-STARRS Di Langit Bumi

http:// .blogspot.com/
NASA NEOWISE menangkap serangkaian gambar inframerah dari komet C/2012 K1 juga disebut sebagai komet PanSTARRS saat menyapu langit Bumi pada bulan Mei 2014.

Misi NASA NEOWISE menangkap serangkaian gambar komet C/2012 K1 (dikenal sebagai komet Pan-STARRS) ketika menyapu langit pada bulan Mei 2014.

Komet ini dinamai berdasarkan nama penemunya,yakni proyek survei astronomi yang disebut Panoramic Survey Telescope and Rapid Response System di Hawaii pada Mei 2012.

Komet Pan-STARRS berasal dari pinggiran luar tata surya kita, dari tempat penampungan komet yang luas dan jauh yang disebut awan Oort. 
   
Komet ini berada relatif dekat dengan kita,hanya sekitar 143 juta mil (230 juta kilometer) dari Bumi saat foto ini diambil. Komet ini terlihat melewati sebuah galaksi spiral yang lebih jauh, yang disebut NGC 3726,berjarak sekitar 55 juta tahun cahaya dari Bumi, atau 2 triliun kali lebih jauh dibanding komet.

Dua ekor komet ini dapat dilihat di belakang kepala komet. Ekor komet yang lebih besar terdiri dari gas dan partikel yang lebih kecil. Sedangkan ekor yang lebih redup,disebelah selatan, sulit terlihat dalam gambar ini, karena terdiri dari puing yang lebih besar karena lebih tersebar.

Komet Pan-STARRS sedang dalam perjalanan mengelilingi matahari, dengan posisi terdekatnya dengan matahari terjadi pada akhir Agustus. Komet ini terlihat di belahan bumi utara hampir sepanjang bulan Juni. Pada musim gugur, setelah komet kembali dari matahari, mungkin dapat terlihat di belahan bumi selatan menggunakan teleskop kecil.

Komet ini tampak lebih cerah dalam longer wavelength band, menunjukkan bahwa komet ini dapat menghasilkan jumlah yang signifikan dari karbon monoksida atau karbon dioksida.

‘ ‘

Advertisements