Dua Planet Layak Huni Ini Ternyata Tidak Ada Di Langit

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi sistim Gliese 581

  Dua planet yang berpotensi layak huni di sistem Gliese 581 ternyata hanya sinyal palsu yang muncul dalam data, kata sebuah studi baru.

Gliese 581g, yang digambarkan sebagai salah satu planet yang paling mirip Bumi ketika itu ditemukan empat tahun lalu, mungkin tidak ada, menurut peneliti dari Penn State University dan University of Texas di Austin laporan dalam edisi terbaru jurnal Science.

http:// .blogspot.com/
Table kandidat exoplanet yang berada dalam zona layak huni pada 3 Juli 2014. Gliese 581d dan 581g dicoret dalam katalog.

Secara resmi, penulis utama Paul Robertson dari Penn State Center for Exoplanets and Habitable Worlds dan koleganya menulis bahwa keberadaan Gliese 581g saat ini sedang “diperdebatkan” tetapi mereka tegas menyatakan bahwa saudara planet ini, yang kurang layak huni,Gliese 581d tidak ada. Para penulis melaporkan bahwa Gliese 581d sebenarnya artefak dari aktivitas bintang yang tidak sepenuhnya dikoreksi, menyebabkan deteksi palsu dari Gliese 581g.

Menurut Michael D. Lemonick dari National Geographic, bukti pertama dari dua dunia ini berasal dari pengukuran bintang induk mereka, sebuah katai merah redup yang berukuran sepertiga ukuran matahari dan berjarak sekitar 22 tahun cahaya dari tata surya kita. Karena kebanyakan exoplanet cenderung terlalu dekat dengan bintang-bintang mereka untuk diamati secara langsung, para astronom biasanya dipaksa untuk mengandalkan petunjuk tak langsung dalam rangka untuk menemukan mereka.

Ketika menemukan Gliese 581g, Paul Butler dari Carnegie Institution for Science dan Steven Vogt dari University of California, Santa Cruz mencari getaran halus yang disebabkan oleh gravitasi dari planet yang mengorbit dan menarik bolak-balik bintang dalam pola yang teratur, kata Lemonick menambahkan. Karena butuh 37 hari untuk menyelesaikan satu orbit, para peneliti mengatakan bahwa planet itu berada pada jarak yang ideal dari bintangnya untuk air cair ada di permukaannya, dan kekuatan tarikan gravitasi mengungkapkan bahwa Gliese 581g berukuran sekitar tiga kali lebih besar dari Bumi.

Sekarang,dengan menggunakan teknik yang dirancang untuk mengonfirmasi keberadaan objek yang lebih kecil, Robertson dan rekan peneliti itu benar-benar membantah keberadaan Gliese 581g dan Gliese 581d. Sebaliknya, apa yang para ilmuwan iyakini sebagai potensial dunia layak huni itu sebenarnya disebabkan oleh perubahan fisik yang terjadi di dalam bintang itu sendiri.

Para penulis penelitian menganalisis pergeseran Doppler dalam pengamatan spektroskopi terhadap Gliese 581 yang telah diperoleh dengan menggunakan Observatorium Selatan Eropa (ESO) HARPS dan WM Keck Observatory HiRes spektrograf. Secara khusus, astronom terfokus pada pergeseran Doppler yang paling sensitif terhadap aktivitas magnetik, dan mereka mampu meningkatkan sinyal dari tiga planet tambahan yang mengelilingi bintang.

[embedded content]

Dengan demikian, sinyal yang dikaitkan dengan dua planet itu “menghilang“, kata rekan penulis Suvrath Mahadevan, asisten profesor astronomi dan astrofisika di Penn State, mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Kedua sinyal planet ini hilang setelah mengoreksi aktivitas bintang yang menunjukkan bahwa sinyal-sinyal dalam data asli itu dihasilkan oleh aktivitas dan rotasi bintang itu sendiri, bukan oleh kehadiran dua planet.”

Penelitian ini memang mengkonfirmasi keberadaan tiga planet lainnya, planet dalam yang tidak berada di zona layak huni, kata Somashekhar.

‘ ‘

Advertisements