HD 82943 : Bintang Pemangsa Planet

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi planet saat menabrak HD 82943

Bintang HD 82943 (164 G. Hydrae) adalah bintang katai (deret utama) kuning dengan suhu dan komposisi yang mirip dengan Matahari. Sama seperti Matahari, HD 82943 dikenal memiliki setidaknya dua planet raksasa, tapi tidak seperti planet gas raksasa di tata surya kita ,orbit mereka hampir tidak melingkar dan membawa mereka lebih dekat dengan bintang induknya.

Para astronom sekarang menunjukkan bukti pengamatan kuat bahwa HD 82943 dulunya memiliki lebih banyak planet … tapi bintang induk mereka menelannya di masa lalu. Gambaran bencana kosmik itu kira-kira sama dengan gambar di atas.

Akibatnya, puing-puing planet akan mencemari lapisan luar HD 82943. Peneliti menggunakan spektrograf resolusi tinggi di European Southern Observatory’s Kueyen telescope dan percaya bahwa mereka telah melihat jejak yang jelas dari kontaminasi ini dengan mengidentifikasi isotop Lithium6 dalam spektrum bintang yang mirip Matahari.

[embedded content]

Karena unsur cahaya Lithium6 begitu mudah hancur dalam reaksi nuklir selama pembentukan bintang,harusnya tidak ada Lithium6 di HD 82943. Secara mengejutkan,penjelasan yang masuk akal dalam hal ini adalah kehadiran Lithium6 hari ini berasal dari material planet yang terbentuk secara terpisah dan kemudian diserap (di makan) oleh bintang induknya.

HD 82943 berjarak 89 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Hydra.

‘ ‘

Advertisements