Bintang Ini Miliki Awan Yang Terbuat Dari Merkuri

http:// .blogspot.com/
Citra Alpha Andromedae

Alpha Andromedae, juga dikenal sebagai Alpheratz dan Sirrah, adalah bintang paling terang di rasi Andromeda. Bintang ini juga punya rekor lain,dia adalah bintang pertama yang diketahui memiliki cuaca.

Penemuan ini dimulai dengan misteri. Alpha Andromedae adalah salah satu bintang pertama yang permukaannya dapat diperiksa secara detail. Pada saat pemeriksaan,ilmuwan menemukan bercak merkuri yang komposisinya berubah dari waktu ke waktu. Bahkan konsentrasi merkuri ini berbeda-beda di tempat lai di bintang dengan faktor hingga 10.000.

http:// .blogspot.com/
Pergerakan awan merkuri di Alpha Amdromedae

 
Pada matahari kita, bintik-bintik dan perubahan komposisi adalah hasil dari medan magnet. Alpha Amdromedae tidak memiliki medan magnet, sehingga penjelasan yang berbeda diperlukan. Para astronom mengamati bintang ini selama tujuh tahun dan menemukan bahwa pola konsentrasi ini dapat bergeser dari waktu ke waktu. Mereka menemukan bahwa dinamika bercak ini mirip dengan pola cuaca di Bumi dan planet-planet lain seperti Jupiter.

Perpindahan bercak merkuri itu menunjukkan bahwa awan merkuri bergerak melintasi permukaan bintang. Misteri pertama terpecahkan,misteri kedua muncul. Tampaknya merkuri adalah satu-satunya elemen dalam bintang yang mampu membentuk awan. Para ilmuwan masih belum mengetahui apa yang menyebabkan hal tersebut dapat terjadi.

Bintang ini berjarak 97 tahun cahaya dari Bumi. 


‘ ‘

Advertisements