Hujan Permata Terjadi Di Bintang Muda Ini

http:// .blogspot.com/
Lokasi bintang muda HOPS68

Hujan tidak hanya terjadi di planet,tapi juga terjadi di sekitar proto-bintang yang bernama HOPS68,bintang muda seperti Matahari sekitar 1350 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Orion. Objek ini masih memiliki awan debu runtuh disekitarnya,dan diantara debu itu tersebar juga pecahan kecil olivin, kristal hijau yang digunakan untuk membuat perhiasan, yang turun menjadi hujan di objek ini.

Seperti kebanyakan permata, olivin terbentuk pada suhu seperti lava. Namun suhu disekitar HOPS68 cukup dingin, sekitar -170 derajat Celsius (-280 ° F). Para astronom berpikir olivin ini pertama kali terbentuk di dekat bintang tersebut sebelum meledak keluar oleh jet gas. Sekarang,olivin itu jatuh menjadi hujan berkilau di embrio bintang ini.


Penemuan ini dilakukan oleh teleskop Spitzer dan membantu kita memecahkan misteri di Tata Surya kita. Kristal serupa baru-baru ini ditemukan di komet perifer. Temuan ini menunjukkan bahwa permata mungkin telah terbentuk pada tahap awal sistem tata surya kita dan menjadi beku dalam komet setelah terpental dari dekat bintang.

‘ ‘

Advertisements