Ilmuwan Belum Tahu Pasti Bagaimana Planet Terbentuk

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi Hot Jupiter

Beberapa dekade yang lalu astronom cukup yakin bahwa mereka tahu bagaimana planet terbentuk.

Berdasarkan tata surya kita sendiri, mereka berpikir bahwa planet yang lebih kecil dan berbatu akan terbentuk di dekat bintang induknya, sementara planet raksasa yang terbuat dari gas atau es terbentuk cukup jauh dari bintang induknya.



Jadi ketika mereka mulai menemukan planet yang tidak sesuai dengan salah satu teori ini, mereka bingung. Apakah teori pembentukan planet yang berlaku selama ini salah?

Model saat ini tentang pembentukan planet menunjukkan bahwa mereka lahir dari debu dan gas yang juga menciptakan bintang pada inti sistem planet, yang dikenal sebagai proses pertumbuhan inti.

Saat bintang pusat berotasi,ia memutar material di sekitarnya dan memanaskannya. Di lain kesempatan,material ini membentuk gumpalan seperti gumpalan besi dan batu yang membentuk dekat matahari. (Cikal bakal planet berbatu/Terrestrial).


Sementara itu di tempat yang cukup jauh dari bintang induknya,objek dingin (objek es) dapat terbentuk,sedangkan planet-planet juga mengumpulkan beberapa gas di sekitar mereka, menjadi raksasa gasseperti Jupiter dan Saturnus.

Lalu mengapa kemudian kita menemukan sistim dimana planet gas raksasa mengorbit sangat dekat dengan bintang induknya (Hot Jupiter). Bahkan mengorbit sepersepuluh lebih dekat dibanding Merkurius-Matahari. 

Mengapa beberapa sistem planet memiliki planet batu raksasa ‘super-Bumi, tanpa eksterior gas, yang mengorbit mereka? Dan mengapa juga,beberapa planet mengorbit dalam orbit elips liar bukan di orbit datar flat ‘planeseperti yang ada di tata surya kita?

Jawabannya masih belum diketahui

Ada kemungkinan bahwa, dalam beberapa sistem, planet itu ditangkap oleh sebuah bintang saat lewat sehingga mereka memiliki orbit yang sangat liar. Proses pembentukan planet itu sendiri mungkin juga menjadi lebih kacau dari kita pernah berpikir.

Eksoplanet yang pertama di deteksi mengungkapkan bahwa objek itu sama sekali berbeda dari planet tata surya, “kata NASA, dan penemuan berikutnya telah menunjukkan bahwa banyak sistem planet yang sangat berbeda dari kita.

Dalam beberapa sistim exoplanet, planet Jupiter mengorbit begitu dekat dengan bintang induknya sehingga mereka dipanaskan sampai suhu tinggi dan atmosfer atas mereka terlempar ke ruang angkasa.

“Dalam sistem lain, planet mengikuti orbit memanjang (berbeda dengan orbit hampir melingkar dari tata surya).


Namun ini tidak selalu buruk.

Menemukan planet yang tidak sesuai dengan teori-teori kita berarti kita belum cukup mengetahui bagaimana pembentukan planet bekerja. Bahkan mungkin tata surya kita cukup unik jika dibandingkan dengan sistem planet lainnya.

Sistem planet kita tidak memiliki ‘super-Earth, sedangkan super-Earth tampaknya umum di tempat lain di galaksi kita.

Tapi kita tidak boleh mengatakan hanya sistim keplanetan kita yang begitu,bintang 55 Cancri yang berjarak 41 tahun cahaya, memiliki sistem lima planet dengan distribusi yang mirip dengan tata surya kita.

Mungkin teori-teori yang menjelaskan bagaimana planet-planet ini terbentuk di tempat pertama, dan jenis sistem yang mereka huni,  perlu direvisi.

Dan mungkin pertanyaan yang paling menarik dan salah satu yang paling sulit untuk dijawab, menyangkut keunikan Bumi, adalah Apakah ada planet-planet mirip Bumi di sekitar bintang lain dan apakah ada kehidupan selain di Bumi kita di luar sana?

Suatu saat pasti akan terjawab.


‘ ‘

Advertisements