4 Ledakan Terbesar Dan Terdahsyat Di Alam Semesta

Sebuah ledakan adalah peningkatan tajam dalam volume dan pengeluaran energi dalam cara yang membahayakan, biasanya dengan pengeluaran suhu yang tinggi dan penghasilan gas.

Dan berikut ini 4 ledakan terdahsyat yang terjadi di alam semesta

4. GRB 080319B

http:// .blogspot.com/
Lokasi GRB 080319B

Jenis : Ledakan terbesar yang pernah disaksikan langsung oleh mata manusia

GRB 080319B adalah ledakan sinar gamma (GRB) yang luar biasa dahsyat yang terdeteksi oleh satelit NASA Swift pada tanggal 19 Maret 2008. Ledakan ini membuat rekor baru,yakni menjadi objek terjauh yang bisa dilihat dengan mata tel**jang. Objek ini memiliki magnitudo visual puncak sekitar 5,8 dan tetap terlihat oleh mata manusia selama kurang lebih 30 detik.

Ledakan ini berjarak 7,5 miliar tahun cahaya

Ledakan sinar gamma adalah salah satu peristiwa yang dikenal paling kejam di alam semesta. Penyebab pasti semburan Gammaray tidak sepenuhnya dipahami, meskipun sebagian besar astronom berpendapat bahwa mereka terkait dengan ledakan supernova yang sangat besar.

Ledakan itu diperkirakan setara dengan 2A1034 ton TNT, atau sekitar 10.000 TNT yang memiliki berat seperti Matahari yang diledakkan sekaligus.

3. Supernova SN 2005ap

http:// .blogspot.com/
Lokasi SN 2005ap

Jenis : Supernova Paling Cerah dan Terbesar Yang Pernah Terlihat
 
SN 2005ap adalah Supernova tipe II yang sangat berenergi dan ekstrim yang terjadi di galaksi SDSS J130115.12+274327.5. Supernova ini menjadi ledakan supernova paling terang yang pernah ditemukan,bahkan dua kali lebih terang dari pemegang rekor sebelumnya, SN 2006gy. Ledakan ini terjadi pada jarak 4,7 miliar tahun cahaya dari Bumi dan tidak terlihat dengan mata tel**jang. Ledakan ini masuk dalam Hypernova.  

Jumlah energi dari hypernova ini diperkirakan menjadi sekitar setara dengan 2.5A1035 ton TNT, yang kira-kira jumlah energi yang sama yang dikeluarkan oleh semua bintang di Virgo supercluster galaksi dalam satu menit.


2. GRB 080916C

http:// .blogspot.com/
Lokasi GRB 080916C

Jenis : Ledakan Terkuat dan Terbesar Yang Pernah Disaksikan Manusia



GRB 080916C adalah ledakan sinar gamma (GRB) yang tercatat pada tanggal 16 September 2008 di konstelasi Carina dan terdeteksi oleh Teleskop NASA Fermi Gammaray. Ini adalah ledakan sinar gamma paling kuat yang pernah tercatat. Ledakan itu memiliki energi sekitar 5900 supernova tipe Ia yang meledak secara bersamaan, dan jet gas memancarkan sinar gamma awal melaju pada kecepatan minimum sekitar 299.792.158 m / s (0.999999c), membuat ledakan ini menjadi ledakan yang paling ekstrim yang tercatat sampai saat ini.

Ledakan ini terjadi pada jarak 12,2 miliar tahun cahaya. Itu berarti ledakan ini terjadi 12,2 miliar tahun yang laluketika alam semesta baru berusia sekitar 1,5 miliar tahun. Ledakan itu berlangsung selama 23 menit. Ledakan ini diperkirakan setara dengan energi 2A1038 ton TNT. Itu sama dengan satu triliun Bom Tsar yang meledak setiap detik selama 110 miliar tahun, atau sekitar 7.000 kali jumlah energi Matahari yang dipancarkan selama hidupnya.


1. Ledakan Big-Bang

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi



Jenis : Ledakan Terbesar Di Alam Semesta


Ini adalah ledakan terbesar di alam semesta yang menyebabkan alam semesta beserta isinya terbentuk (Berdasarkan kajian kosmologi mengenai bentuk awal dan perkembangan alam semesta). Termasuk kamu…. iya, kamu.

Kebanyakan astronom percaya bahwa alam semesta dimulai dengan Big Bang sekitar 14 miliar tahun yang lalu. Pada saat itu, seluruh alam semesta berada di dalam sebuah gelembung yang ribuan kali lebih kecil dari kepala peniti.Gelembung itu lebih panas dan lebih padat daripada apa pun yang bisa kita bayangkan.

Kemudian…. gelembung itu tiba-tiba meledak,Dooooooaaarrrrrrrrrr…… Dan alam semesta kita lahir. Waktu, ruang dan materi semua dimulai dengan Big Bang. Dalam sepersekian detik, alam semesta tumbuh dari bentuk lebih kecil dari atom tunggal kemudian berubah menjadi lebih besar dari galaksi. Dan alam semesta terus tumbuh pada tingkat yang fantastis dan sampai saat ini,alam semesta masih berkembang.

Saat Semesta mengembang dan mendingin, energi berubah menjadi partikel materi dan antimateri. Kedua jenis partikel berlawanan ini sebagian besar saling menghancurkan sama lain. Tapi beberapa materi ini selamat. Partikel yang lebih stabil yang disebut proton dan neutron mulai terbentuk ketika alam semesta masih berusia satu detik. (dalam kalender kosmik = udah nonton kan COSMOS di NGC).

Dalam tiga menit berikutnya, suhu turun di bawah 1 miliar derajat Celcius. Sekarang sudah cukup dingin untuk proton dan neutron bersatu, membentuk inti hidrogen dan helium. Setelah 300.000 tahun, alam semesta telah didinginkan sampai sekitar 3000 derajat. Inti atom akhirnya bisa menangkap elektron untuk membentuk atom. Kemudian alam semesta kita diisi dengan awan hidrogen dan gas helium. Cikal bakal pembentuk bintang pertama. Ledakan bigbang sangat dahsyat dari ledakan apapun yang anda bayangkan. Baca :  Kisah Kelahiran Alam Semesta

‘ ‘

Advertisements