Astronom Mengajak Anda Untuk Membantu Menamakan Exoplanet Dan Bintang Induknya

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi Exoplanet

Apakah Anda ingin membantu menamakan sebuah planet alien? Mulai tahun depan, penggemar astronomi di seluruh dunia akan mendapatkan kesempatan untuk memilih nama-nama favorit mereka untuk menamakan dunia di luar tata surya kita.

Untuk pertama kalinya, International Astronomical Union (IAU) yang bertanggung jawab atas penamaan benda langit akan membuka proses penamaan planet bagi dunia pada tahun 2015 dalam bentuk public vote. Perwakilan dari IAU mengumumkan nama proyek adalah NameExoWorlds.

IAU telah memilih 305 planet yang ditemukan sebelum 31 Desember 2008 sebagai titik awal untuk pemilihan nama planet ekstrasurya.

Baca :  Exoplanet :Dunia Diluar Tata Surya Kita

Exoplanets ini milik 260 sistem tata surya yang terdiri dari satu sampai lima anggota, di samping bintang induknya. Sistim tersebut beserta bintang induknya bersama-sama di sini disebut sebagai ExoWorlds,” kata perwakilan dari IAU mengatakan dalam sebuah pernyataan. Daftar mereka dipublikasikan di situs NameExoWorlds.org.

Pada bulan September, IAU akan membuka pendaftaran untuk klub astronomi dan organisasi nirlaba yang ingin menamakan dunia asing tersebut. Para anggota klub dan kelompok-kelompok lain akan memilih 20 sampai 30 sistem tata surya yang mereka ingin namakan pada bulan Oktober; pada bulan Desember, kelompok tersebut akan menyerahkan proposal mereka untuk penamaan. IAU akan memantau proposal tersebut dan kemudian membuka kompetisi untuk umum pada bulan Maret tahun 2015, ketika penggemar astronomi di minta untuk menentukan peringkat nama-nama yang diusulkan untuk planet asing dan bintang-induknya.

Manusia telah menamai objek langit selama ribuan tahun,bahkan saat ini, hampir setiap peradaban dan budaya menggunakan nama untuk menggambarkan bintang-bintang dan planet-planet terlihat dengan mata tel**jang, serta apa saja yang jelas mereka lihat di langit rasi bintang, asterisms [pola bintang], dll

Setelah suara diberikan, IAU akan mengawasi dan mengesahkan nama pemenang pada bulan Juli 2015. Pejabat IAU berencana untuk mengumumkan hasilnya pada bulan Agustus 2015.

IAU telah menetapkan beberapa aturan dasar bagi organisasi yang berencana untuk mengajukan nama-nama untuk berkompetisi. Aturannya sebagai berikut :

1. Nama tersebut paling kurang memiliki 16 karakter,sebaiknya terdiri dari satu kata dan tidak terlalu mirip dengan nama-nama yang sudah di berikan kepada benda langit lainnya.

2. Grup tidak dapat mengusulkan nama-nama hewan peliharaan, nama komersial atau nama-nama orang yang masih hidup. Selain itu, kelompok juga tidak dapat mengusulkan nama-nama individu, peristiwa atau tempat terutama yang dikenal dalam kegiatan politik, militer atau agama.

3. Nama juga tidak boleh dari merek dagang atau dilindungi oleh hukum kekayaan intelektual.

4. Nama-nama pemenang tidak akan menggantikan sebutan ilmiahnya (nama ilmiah dari bintang diikuti dengan huruf, misalnya: Kepler22b). Namun, IAU akan mengesahkan juga nama pemenang dan digunakan sebagai nama publik.

Para ilmuwan telah menemukan lebih dari 1.700 eksoplanet. Planet ekstrasurya pertama ditemukan pada tahun 1992.

IAU bermitra dengan Zooniverse, sebuah organisasi yang berfokus pada ilmu pengetahuan warga, untuk membuat kontes NameExoWorlds menjadi kenyataan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang penamaan exoplanet dan IAU, silahkan kunjungi http://www.iau.org/public/themes/naming_exoplanets/.

‘ ‘

Advertisements