Astronom Temukan Semburan Radio Misterius Yang Memperdalam Misteri Astrofisika

http:// .blogspot.com/
Teleskop radio Arecibo di Puerto Rico

Penemuan ledakan sepersekian detik gelombang radio oleh para ilmuwan menggunakan teleskop radio Arecibo di Puerto Rico memberikan bukti baru yang penting tentang pulsa misterius yang muncul dari kejauhan luar angkasa.

Temuan yang dibuat oleh tim astronom internasional, yang diterbitkan 10 Juli di The Astrophysical Journal, menandai pertama kalinya bahwa apa yang disebut ledakan radio cepat” telah terdeteksi menggunakan instrumen selain teleskop radio Parkes di Australia. Para ilmuwan menggunakan Parkes Observatory telah mencatat beberapa peristiwa tersebut, namun tidak adanya temuan serupa oleh fasilitas lain telah menimbulkan spekulasi bahwa instrumen Australia mungkin telah menangkap sinyal yang berasal dari sumber di atau dekat Bumi.  

Hasil kami ini sangat penting karena menghilangkan keraguan bahwa semburan radio ini benar-benar berasal dari kosmik, kata Victoria Kaspi, seorang profesor astrofisika di McGill University di Montreal dan Principal Investigator untuk proyek pulsar-survey yang mendeteksi ledakan radio cepat ini. Gelombang radio menunjukkan setiap tanda yang datang dari kejauhan di luar galaksi kita prospek yang benar-benar menarik.

Tepatnya apa yang mungkin menyebabkan semburan radio tersebut merupakan teka-teki baru yang besar untuk astrofisikawan. Kemungkinan mencakup berbagai benda astrofisika eksotis, seperti penguapan lubang hitam, merger bintang neutron, atau flare dari magnetar (jenis bintang neutron dengan medan magnet yang sangat kuat.)

Kemungkinan lainnya adalah bahwa mereka jauh lebih terang dari semburan pulsa raksasa yang dilihat dari beberapa pulsar,” catat James Cordes, seorang profesor astronomi di Cornell University dan copenulis studi baru ini

Pulsa tidak biasa terdeteksi pada tanggal 2 November 2012, di Arecibo Observatory, fasilitas National Science Foundation yang merupakan teleskop radio terbesar dan paling sensitif di dunia.

Meskipun semburan radio cepat ini berlangsung hanya seperseribu detik dan jarang terdeteksi, tim ilmuwan internasional melaporkan bahwa Arecibo menemukan dan mengkonfirmasi perkiraan sebelumnya bahwa semburan kosmik aneh terjadi sekitar 10.000 kali sehari diatas seluruh langit. Jumlah besar yang mengejutkan ini Jumlah mengejutkan besar ini disimpulkan dengan menghitung berapa banyak langit yang diamati dan berapa lama diamati.

Semburan ini tampaknya berasal dari luar galaksi Bima Sakti yang didasarkan pada pengukuran efek yang dikenal sebagai dispersi plasma. Pulsa yang berjalan melalui kosmos dibedakan dari gangguan buatan manusia oleh efek dari elektron antar bintang, yang menyebabkan gelombang radio melakukan perjalanan lebih lambat pada frekuensi radio yang lebih rendah. Ledakan yang terdeteksi oleh teleskop Arecibo ini memiliki tiga kali ukuran dispersi maksimum dari sumber dalam galaksi kita, kata para ilmuwan melaporkan.

Penemuan itu dilakukan sebagai bagian dari survei Pulsar Arecibo L-Band Feed Array (PALFA),yang bertujuan untuk menemukan sampel besar pulsar dan untuk menemukan benda-benda langka yang berguna untuk menyelidiki aspek-aspek fundamental dari karakteristik bintang neutron dan pengujian teori-teori  gravitasi.

‘ ‘

Advertisements