Apa Yang Ada Di Dalam Jupiter?

Apa yang ada di dalam planet Jupiter? Tidak ada yang tahu.

Jupiter adalah planet terbesar di tata surya kita dengan massa 317,8 Massa bumi. Jupiter adalah planet raksasa seperti Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Dia terdiri dari 90% hidrogen dan 10% helium serta beberapa jejak gas seperti metana, amonia, air dan beberapa hal lainnya. Apa yang akan menjadi gas di Bumi berperilaku dalam cara yang sangat aneh di bawah tekanan besar dan suhu Jupiter.

Jadi apa yang ada di dalam Jupiter? Di tengah-tengah Jupiter adalah inti padat. Tapi para astronom tidak yakin apakah ada wilayah yang terbuat dari batuan jauh di dalam inti Jupiter. Kemungkinan ada material batuan yang memiliki massa dua belas sampai empat puluh lima kali massa Bumi dalam inti planet ini. Sekarang ini, inti Jupiter kemungknan terbentuk dari material batuan atau gas seperti hidrogen dan helium di bawah kekuatan besar yang sedemikian rupa sehingga padat seperti itu. Tapi Anda tidak bisa berdiri di atasnya. Suhunya sekitar 35.000 derajat C dan tekanan yang menghancurkan. (Saat ini, ilmuwan belum mengetahui inti Jupiter terbuat dari apa… antara gas padat dan batuan)

Di sekitar inti adalah wilayah luas yang terdiri dari hidrogen. Tapi itu bukan gas. Tekanan dan suhu mengubah hidrogen ini menjadi bentuk eksotis hidrogen metalik cair, mirip dengan merkuri cair yang anda lihat di termometer. Wilayah hidrogen cair ini ternyata bergerak di dalam Jupiter dan bertindak seperti dinamo listrik. Mirip dengan inti besi Bumi, ini memberikan planet fenomena medan magnet yang kuat.

[embedded content]

Tingkat berikutnya masih hidrogen cair, tetapi memiliki tekanan yang lebih rendah, jadi itu tidak metalik lagi. Kemudian diatas ini adalah atmosfer planet. Lapisan atas atmosfer Jupiter adalah satu-satunya bagian yang bisa kita lihat

Struktur pita di planet ini adalah awan amonia yang berputar di sekitar planet dalam arah yang bergantian. Zona warna yang lebih terang adalah es amonia dingin yang naik dari bawah. Inilah bagian yang menarik. Para astronom tidak yakin terbuat dari apa daerah gelap di Jupiter.

[embedded content]

Apakah anda masih berpikir ingin turun ke Jupiter, untuk mencoba berjalan di dalam planet ini? NASA pernah mencobanya. Untuk melindungi bulan Jupiter dari kontaminasi manusia, NASA memutuskan menghancurkan wahana Galileo dengan cara terjun ke Jupiter. Pesawat ini hanya mampu menembus sekitar 0,2% dari radius Jupite saat menuju ke bawah sebelum benar-benar hancur.

Baca :  Fakta-Fakta Tentang Planet Jupiter

Jupiter adalah dunia yang sangat berbeda dari Bumi. Dengan semua gravitasi itu, hidrogen yang biasanya ringan, berperilaku dengan cara yang benar-benar eksotis di Jupiter. Mudah-mudahan di masa depan kita akan belajar lebih banyak tentang planet yang menakjubkan ini.

Jadi apa yang Anda pikirkan? Apakah ada inti berbatu jauh di dalam Jupiter? Entahlah…. Kita tunggu saja kabar selanjutnya saat NASA Juno tiba di planet ini tahun 2016. NASA Juno adalah wahana antariksa yang akan menyelidiki Jupiter beserta Bulannya. 

‘ ‘

Advertisements