Planet Merkurius Pernah Ditabrak Objek Seukuran Bumi

http:// .blogspot.com/
Citra planet Merkurius

Planet terkecil di Tata Surya kita,Merkurius,ternyata menyimpan sebuah cerita lain dalam proses pembentukannya. Planet ini diperkirakan ditabrak oleh objek besar miliaran tahun lalu sehingga menyebabkan planet ini memiliki ukuran kecil.

Sebuah tabrakan kolosal dengan objek berukuran seperti Bumi bisa melucuti banyak mantel batu proto-merkurius. Hal ini menjelaskan mengapa dunia kecil yang terbakar oleh matahari ini memiliki inti besi besar hari ini, kata peneliti.

Baca juga :  10 Fakta Aneh Dan Menarik Planet Merkurius

Berkurangnya mantel Merkurius menyebabkan planet tersebut kini tersusun atas 60 persen logam besi, hampir dua kali lipat dibanding perbandingan jumlah besi rata-rata di planet lain. Bumi yang lebih besar saja hanya mempunyai 32 persen besi yang mayoritas tersimpan di intinya.


Sejatinya Merkurius dan Mars merupakan dua planet muda yang pada mulanya menjadi ‘penyusun’ planet-planet besar macam Bumi dan Venus. Merkurius dan Mars berhasil selamat dari benturan-benturan dengan planet besar di sekitarnya, meskipun Merkurius harus mengorbankan sebagian mantelnya akibat bersenggolan dengan objek seukuran Bumi. Bahkan Merkurius kemungkinan besar juga mengalami benturan dengan planet Venus versi awal.


Benturan-benturan raksasa yang terjadi pada masa itu yang melibatkan berbagai planet muda termasuk Merkurius, memberikan sentuhan akhir pada bentuk sistem tata surya kita hingga menjadi seperti saat ini.

‘ ‘

Advertisements