Tujuh Galaksi Kerdil Berhasil Ditemukan Dekat Galaksi M101

http:// .blogspot.com/
Gambar ini menunjukkan bidang pandang Teleskop Dragonfly Telephoto Array yang berpusat pada galaksi spiral M101. Gambar Inset menyoroti tujuh galaksi baru.

Dengan menggunakan teleskop jenis baru,para astronom berhasil menemukan tujuh galaksi kerdil baru. Astronom Yale University menggunakan teleskop jenis baru yang dibuat dengan cara dijahit bersama lensa tele dan menemukan tujuh kejutan di langit saat menyelidiki sebuah galaksi spiral di dekatnya.

Galaksi-galaksi yang sebelumnya tak terlihat ini dapat menghasilkan wawasan penting dalam materi gelap dan evolusi galaksi, walau mungkin menandakan penemuan kelas baru objek di ruang angkasa, kata para peneliti.

Pieter van Dokkum, ketua departemen astronomi Yale, yang merancang teleskop robot ini dengan astronom University of Toronto Roberto Abraham.

Dragonfly telephoto Array mereka menggunakan delapan lensa tele dengan lapisan khusus penekan cahaya yang tersebar secara internal.
 

Ini membuat teleskop unik ini mahir mendeteksi objek yang sangat menyebar dan kecerahan permukaan rendah dari galaksi yang baru ditemukan.

Ini adalah jenis lensa yang sama yang digunakan dalam acara olahraga seperti Piala Dunia. Kami memutuskan untuk mengarahkan mereka ke atas,kata van Dokkum.

Dia dan Abraham membangun teleskop berukuran oven ini tahun 2012 di New Mexico Skies, sebuah observatorium di Mayhill. Teleskop ini bernama Dragonfly karena lensanya menyerupai mata majemuk serangga.

Para ilmuwan Yale sekarang akan menangani pertanyaan kunci: Apakah tujuh galaksi kerdil yang baru ditemukan ini mengorbit di sekitar galaksi spiral M101 atau mereka terletak lebih jauh yang kebetulan terlihat di arah yang sama dengan M101?

Merritt mengatakan, objek-objek ini merupakan sesuatu yang sama sekali berbeda.

Ada prediksi teori pembentukan galaksi tentang perlunya populasi yang menyebar, galaksi terisolasi di alam semesta, kata Merritt.

Mungkin galaksi seperti ini banyak, ada ribuan dari mereka di langit namun kita belum menemukannya, katanya. Saya yakin bahwa beberapa dari mereka akan berubah menjadi objek kelas baru. Aku akan terkejut jika ketujuh galaksi ini adalah galaksi satelit M101,” tambah van Dokkum.

‘ ‘

Advertisements