Wahana Rosetta Ambil Citra Terbaru Komet 67P

http:// .blogspot.com/
Citra terbaru inti komet 67P/Churyumov-Gerasimenko yang terpisah sekitar empat jam.

Penyelidikan wahana Eropa mulai mendapatkan beberapa penampilan yang baik komet  dengan yang akan di dekatinya bulan depan.

Foto terakhir yang diambil wahana Rosetta menunjukkan bahwa sasaran kometnya yang dikenal sebagai 67P/Churyumov-Gerasimenko,memiliki 3 struktur besar, atau mungkin lubang yang dalam, kata para peneliti. 


“Dengan melihat gambar-gambar awal,komet 67P terlihat seperti objek tak teratur”,kata Holger Sierks dari Max Planck Institute for Solar System Research di Jerman, peneliti utama untuk sistem pencitraan ilmiah Rosetta, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Rosetta mengambil gambar pada 4 Juli, saat berjarak sekitar 23.000 mil (37.000 kilometer) dari komet.yang memiliki inti sekitar 2,5 mil (4 km). Inti 67P mencakup sekitar 30 piksel dalam gambar, kata para peneliti.

Bentuk yang tidak teratur komet 67P tidak akan terlalu mengejutkan; tak satu pun dari lima komet yang telah dikunjungi oleh pesawat ruang angkasa sejauh ini memiliki bentuk mendekati bola. Sebagai contoh, Komet Hartley 2, yang didekati wahana NASA Deep Impact pada tahun 2010, terlihat seperti paha ayam.

Sistem kamera ilmiah Rosetta dikenal sebagai OSIRIS, kependekan dari Optical, spektroskopi, dan Remote Inframerah Imaging System.

Baca juga :  Seberapa Besar Komet Rosetta?

‘ ‘

Advertisements