Hubble Tangkap Inti Terang NGC 1433

http:// .blogspot.com/
Citra inti terang NGC 1433

Panorama ini diambil oleh teleskop NASA Hubble yang menunjukkan galaksi spiral dekat yang disebut NGC 1433,berjarak sekitar 32 juta tahun cahaya dari Bumi. Galaksi ini diklasifikasikan dalam jenis Galaksi Seyfert (galaksi jenis ini menyumbangkan 10% dari semua galaksi yang ada di alam semesta).


Galaksi tipe ini sangat terang,cahaya pusatnya sebanding dengan cahaya yang dipancarkan seluruh galaksi kita, Bima Sakti. 

http:// .blogspot.com/
NGC 1433

Inti galaksi sangat menarik perhatian astronom. Sebagian besar pusat galaksi dialam semesta di huni oleh lubang hitam supermasif.

NGC 1433 saat ini sedang dipelajari sebagai bagian dari survei 50 galaksi terdekat yang dikenal sebagai Legacy ExtraGalactic UV Survey (LEGUS). Radiasi ultraviolet diamati dari galaksi, untuk melacak bintang yang baru terbentuk. Dalam galaksi Seyfert, sinar ultraviolet juga diperkirakan berasal dari cakram akresi di sekitar lubang hitam pusat mereka. Mempelajari galaksi dalam spektrum ultraviolet sangat berguna untuk mempelajari bagaimana perilaku gas dekat lubang hitam. Gambar ini diperoleh dengan menggunakan campuran data sinar ultraviolet, tampak, dan inframerah.

LEGUS akan mempelajari berbagai macam sifat dari sampel galaksi, termasuk struktur internal mereka. Survei Hubble ini akan memberikan landasan yang unik untuk pengamatan masa depan Teleskop James Webb Space Telescope (JWST) dan Atacama Large Millimeter / submillimeter Array (ALMA). ALMA telah menangkap hasil yang tak terduga yang berkaitan dengan pusat NGC 1433, menemukan struktur spiral mengejutkan di dekat gas molekul dengan pusat NGC 1433. Para astronom juga menemukan jet material yang mengalir dari lubang hitam, membentang hanya 150 tahun cahaya (aliran keluar molekul terkecil yang pernah diamati di galaksi.


‘ ‘

Advertisements