10 Hal Ekstrim Tentang Bintang (Bagian II)

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi bintang

Alam semesta ini penuh dengan bintang dan mereka tidak semua sama. Bahkan, ada variasi yang luar biasa. Berikut beberapa bintang yang paling ekstrim di alam semesta.

6. Masa Hidup Yang Panjang Bagi Bintang

Berapa lama masa hidup bintang?  Pertama, mari kita definisikan : Masa hidup bintang adalah berapa lama bintang itu melakukan fusi nuklir, karena mayat sebuah bintang dapat berkeliaran lama setelah fusi nuklir berakhir.

Semakin kecil bintang,semakin lama bintang itu hidup. Bintang-bintang dengan massa terkecil adalah katai merah. Mereka memiliki massa sekitar 7,5-50 persen dari massa Matahari. Bintang yang memiliki massa kurang dari itu, tidak akan mampu melakukan fusi nuklir sehingga tidak akan menjadi bintang.

Model terbaru memperkirakan bahwa bintang katai merah bisa melakukan fusi hingga 10 triliun tahun. Bandingkan dengan bintang seperti Matahari kita, yang hanya melakukan fusi sekitar 10 miliar tahun (1, 000 kali lebih sedikit). Setelah memfusikan sebagian besar hidrogennya, teori memprediksi bahwa katai merah akan menjadi kurcaci biru, dan karena dia terus menggunakan sisa hidrogen hingga habis , fusi inti berhenti dan menjadi bintang kerdil putih. Baca : Siklus Hidup Bintang

7. Bekas Bintang Yang Paling Gila

Lubang hitam bukan bintang (mereka adalah sisa-sisa bintang) tapi sangat menyenangkan membandingkannya dengan bintang karena perbandingan tersebut menyoroti betapa gila.

Sebuah lubang hitam terbentuk ketika sebuah bintang tidak cukup kuat untuk mengatasi semua kekuatan gravitasi , menyebabkannya runtuh kedalam dirinya sendiri. Lubang hitam bisa sangat besar. Lubang hitam yang ditemukan di pusat galaksi bisa puluhan miliar kali massa matahari. Terlebih lagi, hal yang mengorbit di sekitar lubang hitam supermasif bisa sangat bercahaya, kadang-kadang lebih bercahaya daripada semua bintang di galaksi. Baca : 10 Fakta Unik Lubang Hitam Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

8. Bintang Terbuang

Pada tahun 2005, Warren Brown dan para astronom lainnya di HarvardSmithsonian Center for Astrophysics mengumumkan penemuan sebuah bintang yang bergerak begitu cepat sehingga akan meninggalkan galaksi Bima Sakti dan tidak pernah kembali. Nama resminya adalah SDSS J090745.0+024507 tapi Brown menyebutnya “bintang terbuang.

Kemudian banyak bintang terbuang lainnya yang ditemukan. Mereka dikenal sebagai bintang hypervelocity. Pada tanggal 20 Mei 2014, 20 bintang hypervelocity telah ditemukan. Sebagian besar dari mereka tampaknya datang dari pusat galaksi. Satu hipotesis mengatakan bahwa sepasang bintang yang saling mengorbit (sistem biner) lewat dekat dengan lubang hitam di pusat galaksi, maka salah satu bintang ditangkap oleh lubang hitam dan yang lain dikeluarkan/ditendang dengan kecepatan tinggi. Baca : Bintang Pelarian Terdekat Dari Bumi Ditemukan Yang Melaju Dengan Kecepatan 1 Juta Mph

9. Bintang Paling Variabel


Banyak bintang memiliki kecerahan yang berubah-ubah seperti yang terlihat dari Bumi. Mereka dikenal sebagai bintang variabel. Ada banyak dari mereka: Dalam Katalog Umum Bintang Variabel,ada lebih dari 45.000 bintang variabel di galaksi Bima Sakti kita.

Menurut profesor astrofisika Coel Hellier, bintang yang memiliki perubahan kecerahan yang sangat ekstrim disebut bintang cataclysmic variable (CV). Kecerahan mereka dapat meningkat dengan faktor 100 dalam waktu kurang dari satu hari, kemudian menurun, kemudian meningkat lagi, dan seterusnya. Akibatnya, bintang variabel CV sangat populer di kalangan astronom amatir.


Hari ini kita memiliki pemahaman yang lebih baik dari apa yang terjadi dengan bintang tipe CV: Mereka adalah bintang biner di mana salah satu bintangnya adalah bintang biasa dan yang lainnya adalah bintang katai putih. Materi jatuh dari bintang biasa ke disk akresi yang mengorbit bintang katai putih. Setelah massa disk cukup tinggi, fusi dimulai, menyebabkan peningkatan dalam kecerahan. Itu tidak berlangsung lama,setelah fusi memudar,seluruh proses dimulai lagi.


10. Bintang Paling Aneh Di Alam Semesta


Beberapa jenis bintang sangat tidak biasa. Mereka tidak harus di nilai dari segi keekstriman dari beberapa atribut (misalnya luminositas atau massa), tetapi mereka sangat aneh.


Salah satu contohnya adalah objek yang disebut Thorne-Żytkow. Mereka dinamai dari nama fisikawan Kip Thorne dan Anna Zytkow, yang pertama kali menyarankan bahwa mereka mungkin ada. Gagasan mereka adalah bintang neutron bisa masuk ke dalam inti dari raksasa merah atau maharaksasa. Gila, kan? Namun baru-baru ini ditemukan satu bintang seperti itu.


Bintang tersebut bernama Supergiant merah HV 2112 di Awan Magellan Kecil , sebuah galaksi kerdil yang terletak hanya 200.000 tahun cahaya.

TŻO diperkirakan terbentuk oleh interaksi dari dua bintang besar (supergiant merah dan bintang neutron) yang terbentuk saat ledakan supernova – dalam sistem biner dekat. Kemudian bintang neutron akan tenggelam ke pusat raksasa merah, di mana ia akan menjadi inti bintang, mengubah cara kerja internal dan menciptakan Bintang Hybrid unik yang menyamar sebagai raksasa merah sekarat. 

Meskipun penampilannya menipu,objek TZO memiliki tingkat rubidium, lithium and molybdenum yang sangat tinggi (elemen yang dapat ditemukan di raksasa merah standar, tetapi tidak dengan level setinggi itu). Baca : Bintang Hybrid Yang Hanya Ada Di Teori Kini Ditemukan


Baca juga :
10 Hal Ekstrim Tentang Bintang (Bagian I)




‘ ‘

Advertisements