Curiosity Temukan Meteorit Raksasa Di Mars

http:// .blogspot.com/
Gambar ini diambil Curiosity yang menunjukkan meteorit besar bernama ‘Lebanon’ yang memiliki lebar 7 meter dan pendamping yang lebih kecil Lebanon B. Dua meteorit ini ditemukan oleh Curiosity pada 25 Mei 2014. Citra melingkar pada gambar adalah gambar detai yang diambil instrumen Chem-Cam.

Mars rover NASA Curiosity telah menemukan meteorit pertama di Planet Merah, dan itu bukan meteorit kecil.

Meteorit yang baru ditemukan di planet Mars ini di beri nama Lebanon,” memiliki lebar hampir 7 kaki (2 meter) dan terbuat dari besi. Foto meteorit yang diambil oleh Curiosity juga mengungkapkan meteorit pendamping yang lebih kecil yang ada di dekatnya, yang sekarang dijuluki Lebanon B.

http:// .blogspot.com/
Gambar ini menunjukkan 3 meteorit di permukaan Mars. Meteorit yang lebih besar di latar depan adalah Lebanon (7 kaki lebarnya) dan memiliki pendamping yang lebih kecil , Lebanon B. Meteorit ketiga, terlihat di belakang Lebanon, juga memiliki lebar 7 kaki.

Juru bicara NASA,Guy Webster dari Jet Propulsion Laboratory mengatakan Curiosity juga menemukan meteorit ketiga pada saat yang sama ketika melihat meteorit Lebanon. Dalam gambar mentah,meteorit ketiga (yang memiliki lebar 7 kaki juga) terlihat persis di belakang meteorit Lebanon.

Logam Berat! Saya menemukan sebuah meteorit besi di Mars,” tulis tim Curiosity pada halaman Twitter.

Secara keseluruhan, tiga meteorit ini adalah batuan ruang angkasa pertama di Mars yang ditemukan oleh rover Curiosity sejak mendarat di Planet Merah pada bulan Agustus 2012, Webster menambahkan.

Curiosity menjepret foto rinci dari meteorit Lebanon menggunakan kamera resolusi tinggi ChemCam dan Remote Micro-Imager cameras. Gambar ini mengungkapkan lubang tajam aneh di permukaan batu.

Meteorit juga ditemukan oleh Spirit dan Opportunity, dua rover NASA yang lebih kecil yang mendarat di Mars pada tahun 2004. Opportunity masih aktif saat ini, namun kembarannya Spirit meregang nyawa pada tahun 2011.


‘ ‘

Advertisements