Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko Memiliki Dua Inti

http:// .blogspot.com/
Citra terbaru komet 67P/Churyumov-Gerasimenko yang diambil wahana Rosetta. Gambar ini mengungkapkan bahwa Komet ini memiliki dua inti yang peneliti sebut dengan istilah “kontak biner”.

Tampaknya komet Rosetta memiliki inti ganda. Sebuah video dari pesawat ruang angkasa yang melaju menuju Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko menunjukkan komet ini memiliki dua lobus yang saling berkaitan.

Emily Lakdawalla dari Planetary Society menulis tentang temuan ini di blog nya. Dia menulis:

Inti komet sangat jelas kontak biner. Halaman CNES dimana foto ini dirilis mengatakan seluruh inti berukuran 4 x 3,5 kilometer”.

Hanya segelintir pesawat ruang angkasa yang pernah terbang di dekat komet. Sedangkan biner kontak mungkin menjadi kejutan bagi para ilmuwan, bentuk tidak teratur yang terlihat dari jauh adalah sesuatu yang telah kita lihat sebelumnya di komet lainnya. Dari lima inti komet yang telah dikunjungi oleh pesawat ruang angkasa sejauh ini, semua jauh dari bentuk bola.

Wahana antariksa Rosetta akan melakukan pendekatan terdekatnya dengan komet ini pada tanggal 6 Agustus sedangkan komet ini akan mencapai perihelion dengan Matahari pada tahun 2015.

Baca juga :  Seberapa Besar Komet Rosetta?

‘ ‘

Advertisements