Mengenang Tabrakan Dahsyat Jupiter 20 Tahun Lalu

Citra komet ShoemakerLevy 9 menabrak atmosfer Jupiter

Dua puluh tahun lalu, mata manusia dan pengamat robot mencatat dampak pertama antara objek kosmik di tata surya, ketika fragmen komet ShoemakerLevy 9 menabrak atmosfer Jupiter.

Antara tanggal 16 Juli dan 22 Juli 1994, observasi berbasis Bumi yang dikelola oleh NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, bergabung dengan armada NASA dan teleskop internasional lainnya, berusaha untuk mendapatkan sekilas pandangan dari peristiwa bersejarah itu:

  • Wahana antariksa NASA Galileo masih berjarak satu setangah tahun perjalanan menuju Jupiter ketika mendapat pandangan unik dari bola api yang meletus di belahan selatan Jupiter ketika fragmen komet menghantamnya.
  • Teleskop Hubble yang digunakan JPL mengamati komet itu dan melihat bekas luka yang ditinggalkan komet itu di Jupiter.
  • Teleskop radio raksasa NASA Deep Space Network(yang melakukan penelitian radio dan radar astronomi disamping fungsinya sebagai alat komunikasi) ditugaskan untuk mengamati emisi radio dari sabuk radiasi Jupiter, mencari gangguan yang disebabkan oleh debu komet.
  • Pesawat antariksa Voyager 2 yang berjarak sekitar 3,7 miliar mil (6 miliar kilometer) dari Jupiter, mengamati dampak dengan spektrometer ultraviolet dan instrumen radio astronomi planet.
  • Pesawat antariksa Ulysses juga membuat pengamatan selama dampak komet dari jarak sekitar 500 juta mil (800 juta kilometer) jauhnya. Ulysses mengamati transmisi radio dari Jupiter dengan gabungan gelombang radio dan instrumen gelombang plasma.

Hasil kerja ilmuwan dalam mempelajari dampak ShoemakerLevy 9 mengangkat kesadaran tentang potensi dampak asteroid pada bumi dan perlunya memprediksi mereka sebelum terlambat. Maka dari itu NASA membentuk NASA’s Near-Earth Object Program Office. Program NASA’s Near-Earth Object mengoordinasikan upaya untuk mendeteksi, melacak dan mencirikan asteroid yang berpotensi berbahaya terhadap Bumi dan komet yang bisa mendekati Bumi.

[embedded content]

‘ ‘

Advertisements