Citra Terbaru Roseta Ungkap Bentuk Komet 67P Mirip Mainan Bebek

http:// .blogspot.com/
Citra komet 67P yang diambil dari jarak 7.500 mil (12.000 kilometer)

Gambar terbaru komet yang dikejar wahana Rosetta terlihat seperti mainan anak kecil.

Wahana pemburu komet milik Badan Antariksa Eropa Rosetta berhasil mendapatkan tampilan terbaik Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko.

Ini tidak seperti komet lainnya yang pernah kita lihat sebelumnya, Carsten Güttler, dari Max Planck Institute for Solar System Research (MPS) di Jerman, manajer proyek untuk sistem pencitraan ilmiah Rosetta, mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Gambar-gambar samar dari komet ini mengingatkan saya dengan bebek karet yang memiliki tubuh dan kepala.

http:// .blogspot.com/
Gambar mentah dari komet 67P(kiri) dan setelah diperoses (kanan)

Foto baru ini diambil pada hari Senin (14 Juli), ketika Rosetta berjarak sekitar 7.500 mil (12.000 kilometer) dari 67P yang menunjukkan bahwa inti komet terdiri dari dua bagian yang berbeda. Para peneliti belum tahu asal usul bentuk yang aneh ini; studi lebih lanjut selama beberapa bulan ke depan bisa mengungkapkan jika tubuh dan kepala 67P dulunya dua benda yang terpisah, kata mereka.

Rosetta aka terus mengikuti Komet 67P melalui tata surya bagian dalam, menggunakan 21 instrumen ilmiah untuk mendokumentasikan bagaimana komet berubah saat mendekati matahari. Pada bulan November, Rosetta juga akan menjatuhkan pendarat yang disebut Philae ke komet. Philae akan mengumpulkan sampel dan mengambil foto dari permukaan komet untuk pertama kalinya, kata para pejabat European Space Agency.

‘ ‘

Advertisements