Satelit Militer Kemungkinan Melihat Rudal Yang Menembak Malaysian Airlines

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi Satelit GEO-1

Presiden AS Barack Obama baru-baru ini membahas apa yang pemerintah AS tahu tentang serangan terhadap penerbangan Malaysia Airlines MH17 yang menewaskan hampir 300 orang tidak bersalah.

Semua bukti sejauh ini menunjukkan bahwa jet komersial, Boeing 777, ditembak jatuh di Ukraina timur oleh rudal yang diluncurkan dari sebuah daerah yang di dikuasai oleh separatis yang didukung oleh Rusia, kata Obama.

Obama juga mengatakan bahwa kemungkinan panas dari ledakan itu terdeteksi dari luar angkasa oleh jaringan satelit militer.

Sistem Satelit

Sejak Perang Dingin, Departemen Pertahanan AS telah memiliki miliaran dolar sistim satelit berbasis luar angkasa untuk menyediakan peringatan dini rudal balistik antarbenua.

Ini adalah sistem yang sangat tepat yang memiliki cakupan yang konstan, terutama di atas Rusia dan Ukraina,” kata Riki Ellison, pendiri Advokasi Aliansi Pertahanan Rudal.

Dimulai pada tahun 1970-an, Pentagon telah meluncurkan serangkaian satelit di orbit Bumi yang memiliki teleskop inframerah sebagai bagian dari Program Dukungan Pertahanan (Defense Support Program atau DSP.) Saelit ini terus menerus mengorbit planet untuk mencari gas buangan panas dari rudal untuk memperingatkan militer dan intelijen tentang kemungkinan serangan dan ancaman perang.

Dalam beberapa tahun terakhir, DSP telah mengalami upgrade besar, menjadi Space Based Infrared System (SBIRS), dengan peluncuran satelit yang lebih baik yang dapat mendeteksi rudal samar cepat.

SBIRS sekarang termasuk dua satelit yang mengorbit di orbit geosynchronous Bumi (GEO) yang di buat oleh yang masing-masing melayang-layang di keinggian lebih dari 22.000 mil (35.400 kilometer). (Sebagai perbandingan, Stasiun Antariksa Internasional mengorbit pada ketinggian rata-rata sekitar 248 mil, atau 400 km). Jenis pertama dari satelit ini disebut GEO1, diluncurkan dari Cape Canaveral Mei 2011. Lockheed Martin baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka memenangkan kontrak $1,86 miliar untuk menyelesaikan satelit GEO kelima dan keenam sebagai bagian dari SBIRS.

Kemungkinan bahwa serangan pada MH17 muncul sebagai blip pada layar di Buckley Air Force Base di Colorado di mana data dari SBIRS diproses. Pendeteksian ini cukup tepat untuk mendeteksi di mana sebuah rudal ditembakkan dan jenis rudal itu.

Setiap rudal memiliki jejak gumpalan yang berbeda,” kata Ellison.

Ellison juga mengatakan bahwa satelit militer lain di kawasan itu mungkin telah diberitahu untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut yang akan diberikan kepada Komando AS di Eropa.

Lokasi kecelakaan dari ruang angkasa

Ketika ditanya apakah militer AS meningkatkan pengawasan atas wilayah tersebut, Laksamana Angkatan Laut AS John Kirby, sekretaris pers Pentagon, hanya mengatakan Kami memantau peristiwa ini sedekat mungkin.

Pesawat pecah di udara dan meninggalkan jejak puing-puing diatas lahan pertanian Ukraina. Ada laporan penjarahan segera setelah kecelakaan itu dan Kirby mengatakan dia tidak tahu siapa yang mengambil kotak hitam pesawat. Meskipun tidak ada pejabat Pentagon yang ikut membantu penyelidikan internasional, Kirby mengatakan bahwa analisis harus kredibel, transparan dan tanpa hambatandan menyerukan gencatan senjata sebagai satu-satunya cara untuk memastikan akses yang aman dan tak terbatas ke lokasi kecelakaan.

‘ ‘

Advertisements