10 Rekor Unik Exoplanet (Bagian I)

Beberapa waktu silam,kita hanya mengetahui planet-planet yang ada di Tata surya kita. Namun kini,para astronom telah menemukan lebih dari 1.000 exoplanet di luar sana (Exoplanet adalah planet yang ada di luar Tata surya kita).

Dan berikut ini beberapa rekor baru Exoplanet yang sudah ditemukan :

1. Planet Batuan Terbesar (Kepler-10 C)

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi planet “mega-Earth”
Kepler-10c, yang di beri julukan “Godzillanya Bumi”. Planet ini
berukuran 2,3 kali ukuran Bumi dan 17 kali lebih berat. Sementara planet
“Lava World”,Kepler 10b  terlihat di latar belakang. Kedua planet ini mengorbit bintang Kepler10 yang berjarak sekitar 570 tahun cahaya dari Bumi. Gambar dirilis 2 Juni 2014.

Planet ini memiliki radius 2,3 kali ukuran Bumi,memang tidak terlalu besar, namun Kepler-10 C memiliki massa sekitar 17 kali massa Bumi.

Kepadatan planet ini membuktikan bahwa itu terdiri dari batu dan padatan lainnya, yang merupakan masalah besar karena biasanya, sebuah planet sebesar itu adalah sebuah planet raksasa gas, seperti Jupiter dan Saturnus karena gravitasinya menarik begitu banyak hidrogen dan helium ke dalam dirinya.

Planet ini dijuluki Godzilla of Earths” yang berjarak 560 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Draco. 

Baca : Astronom Temukan Planet Maha Raksasa “Godzillanya Bumi”

2. Planet Terbasah (GJ 1214b)

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi GJ 1214b

Planet ini juga jauh lebih besar dari Bumi. Namun, massa planet ini bukan berasal dari batuan,melainkan dari air. Para ilmuwan memperkirakan bahwa sebagian besar planet GJ 1214b yang ditemukan pada tahun 2009, benar-benar terdiri dari air, meskipun permukaannya memiliki suhu lebih tinggi dari planet kita.

Para ilmuwan menganalisis atmosfir planet itu dengan mengamatinya saat melintas di depan bintang induknya. Mereka menyimpulkan bahwa atmosfer planet ini sebagian besar terdiri dari air, dan oleh karena itu permukaannya mungkin mengandung banyak air juga. Namun, itu bukan air biasa. Karena suhu tinggi dan tekanan, itu mungkin akan menimpulkan versi air yang lebih asing seperti H2O – es panas” dan air “super fluida“.
 
Planet itu kemungkinan terbentuk jauh dari mataharinya, di mana terdapat banyak air dan es. Seiring waktu, secara bertahap dia migrasi masuk ke bagian dalam. Para ilmuwan percaya bahwa mereka akan dapat meluncurkan studi mendalam dari planet ini tahun 2018.

Planet ini berjarak 40 tahun cahaya di konstelasi Ophiuchus.

Baca :  Dunia Air di Planet GJ 1214b

3. Planet Termuda (BD+20 1790b)

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi planet BD+20 1790b

Ini adalah planet termuda yang ditemukan sampai sekarang. Planet ini bernama BD+20 1790b dan berumur sekitar 35 juta tahun. Bandingkan dengan planet seperti Bumi yang berusia 100 kali lebih tua. Sebelumnya planet termuda yang dikenal berusia 100 juta tahun.

Para ilmuwan berharap bahwa penemuan ini akan memungkinkan kita untuk memahami lebih lanjut tentang bagaimana planet berkembang, terutama karena menemukan planet muda seperti ini sangat sulit.

4. Planet Tertua (Kapteyn b)

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi ini menunjukkan planet alien layak huni Kapteyn b dengan gugus bola Omega Centauri di latar belakangnya.Omega Centauri diyakini sebagai sisa inti galaksi kerdil yang bergabung dengan Bima sakti miliaran tahun lalu yang merupakan rumah awal dari bintang katai merah Kapteyn.

Kapteyn b adalah planet tertua yang diketahui saat ini dan kemungkinan mampu menopang kehidupan. Planet ini terbentuk hanya dua miliar tahun setelah Big Bang. Dunia ini cukup dekat dengan bintangnya, Kapteyn untuk memiliki air cair di permukaannya, tidak seperti kembarannya, yang terlalu jauh dan menyerupai gurun beku.

Sistim Tata Surya Kapteyn sendiri cukup menarik. Pertama-tama, itu sangat dekat dengan sistem Tata surya kita. Kedua, sistim bintang ini beserta planet-planetnya dulunya milik sebuah galaksi mini yang sama sekali berbeda dengan galaksi Bima Sakti kita. Para ilmuwan telah berteori bahwa galaksi kita menyerap seluruh galaksi ini. Sisa-sisa galaksi kerdil yang awalnya rumah bintang ini mungkin ditelan atau bergabung dengan Omega Centauri, sebuah gugus bola yang berjarak sekitar 16.000 tahun cahaya yang berisi ribuan bintang yang berusia sekitar 11,5 miliar tahun, kata para peneliti.

Planet ini terletak hanya 13 tahun cahaya dari Bumi dan diperkirakan berusia sekitar 11,5 miliar tahun

Baca : Planet Alien Tertua Ditemukan Yang Mungkin Mampu Mendukung Kehidupan

5. Planet Yang Memiliki Orbit Tercepat (COROT-Exo-7b)

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi COROT-Exo-7b

COROT-Exo-7b memiliki massa sekitar 8 kali massa Bumi namun memiliki radius sekitar 1.7 kali Bumi dan merupakan salah satu planet yang memiliki orbit tercepat yang pernah ditemukan.

Ketika planet kita memakan waktu sekitar 8.766 jam untuk menyelesaikan orbitnya mengelilingi Matahari, planet ini hanya memerlukan waktu 20 jam untuk mengelilingi bintang induknya. (1 tahun di planet ini hanya 20 jam).

Para ilmuwan percaya bahwa suhu planet ini sekitar 1.000-1.500 derajat Celsius (1,800-2,700 ° F) berasal dari lava yang menutupi permukaannya. Planet ini berjarak 390 tahun cahaya di konstelasi Monoceros.

Baca :  Astronom Temukan Planet Dengan Periode Orbit Sangat Singkat

Baca sambungannya disini : 10 Rekor Unik Exoplanet (Bagian II)

‘ ‘

Advertisements