10 Rekor Unik Exoplanet (Bagian II)

Beberapa waktu silam,kita hanya mengetahui planet-planet yang ada di Tata surya kita. Namun kini,para astronom telah menemukan lebih dari 1.000 exoplanet di luar sana (Exoplanet adalah planet yang ada di luar Tata surya kita).

Berikut ini beberapa rekor baru Exoplanet yang sudah di temukan :

6. Planet Terdingin (OGLE-2005-BLG-390L B)

Ilustrasi OGLE-2005-BLG-390L B

OGLE-2005-BLG-390L B adalah planet terdingin yang pernah ditemukan. Planet ini begitu jauh dari bintangnya sehingga dibutuhkan 10 tahun Bumi untuk mengorbit bintang induknya dan bintang induknya juga benar-benar kecil dibandingkan dengan Matahari kita.

Kemungkinan planet ini adalah planet batuan yang memiliki suhu permukaan sekitar -364 derajat Fahrenheit (-220 derajat Celsius) dan salah satu exoplanet terjauh yang ditemukan saat ini. Berjarak sekitar 28.000 tahun cahaya dari Bumi.



Baca : Galeri Exoplanet Aneh

7. Planet Terpanas (Kepler 70-B)

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi Kepler 70-B


Kepler 70-B memiliki beberapa rekor yang ia pegang. Planet ini bukan hanya menjadi planet terpanas yang memiliki suhu permukaan lebih dari 7.000 derajat Celcius (12.500 ° F), tetapi juga memiliki orbit yang paling dekat dengan bintangnya. Planet ini lebih dekat 65 kali dari bintang induknya di banding Merkurius-Matahari. Planet ini juga memiliki perputaran/rotasi tertinggi dan merupakan salah satu exoplanet terkecil yang kita ketahui.

Planet ini bukan satu-satunya yang memecahkan rekor pada sistimnya. Bintang induknya juga memecahkan rekor. Biasanya, ketika sebuah bintang menjadi raksasa merah, seperti bintang induk planet ini lakukan, itu akan meledak. Namun, bintang ini stabil dan menyusut kembali ke ukuran rata-ratanya.

8. Exoplanet Paling Ringan (KOI314c)

Ilustrasi ini menunjukkan planet KOI314c.Anehnya, meskipun planet ini beratnya sama dengan Bumi, tetapi planetini memiliki diameter  60 persen lebih besar dari Bumi, yang berarti bahwa ia memiliki atmosfer gas yang sangat tebal.

Planet ini memegang rekor untuk exoplanet paling ringan. Walaupun KOI-314c memiliki massa yang sama seperti Bumi namun dia tetap menjadi exoplanet yang paling ringan yang selama ini ditemukan. Namun jika dilihat,planet ini cukup besar karena atmosfernya yang terdiri dari hidrogen dan helium membengkak sehingga terlihat 60% lebih besar di bandingkan dengan Bumi. Bahkan, atmosfernya mungkin pernah lebih tebal lagi, tapi bintang katai merahnya merebus atmosfer planet ini sehingga membuang separuh atmosfernya.

KOI314c terletak sekitar 200 tahun cahaya dari Bumi

Baca : Astronom Temukan Planet Baru Bermassa Mirip Bumi Tapi Beratmosfer Sangat Tebal

9. Planet Tergelap (TrES2b)

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi TrES-2b

TrES2b, meskipun relatif dekat dengan bintangnya, ini adalah planet tergelap yang pernah ditemukan. Dalam sistem kita sendiri, Merkurius dianggap sebuah planet yang sangat gelap, hanya memantulkan sekitar 10 persen cahaya matahari, dan dianggap sebagai planet tergelap. Namun itu sebelum penemuan planet ini.

TrES2b hanya memantulkan kurang dari 1 persen cahaya bintangnya, sehingga kurang reflektif dari batubara atau cat akrilik hitam.

Para ilmuwan tidak yakin apa yang menyebabkan atmosfernya menjadi begitu gelap. Beberapa teori menyatakan bahwa itu bisa disebabkan oleh sejumlah besar natrium atau titanium oksida dalam bentuk gas.

Planet ini berjarak 718 tahun cahaya dari Bumi dan terletak di konstelasi Draco.

Baca :  Misterius dan Eksotisnya Planet Tergelap yang Baru Ditemukan

10. Planet Yang Memiliki Orbit Aneh (Fomalhaut B)

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi Fomalhaut B

Fomalhaut B mendapat julukan menakutkan ketika ia tampak bangkit dari kematian. Pada tahun 2008, ia dianggap sebagai awan debu yang sederhana, tapi kemudian naik lagi menjadi lebih menonjol. Tidak hanya itu, planet ini tampaknya bergerak seperti zombie juga.

Diantara planet-planet,ini adalah planet yang memiliki orbit yang paling aneh. Yakini memiliki orbit zig-zag dan para ilmuwan tidak tahu apa yang menyebabkan hal itu. Planet ini berayun sedekat 7,5 miliar kilometer (4,5 miliar mil) dari bintangnya, namun titik terjauh sekitar 45 miliar kilometer (27 miliar mil) dari bintang induknya.

Mungkin planet itu di dorong keluar dari posisi semula oleh planet yang jauh lebih besar. Kecurigaan ini berasal dari kesenjangan awan besar debu dan es yang mengelilingi bintangnya, menunjukkan bahwa planet lain mungkin ada di sana.

Planet ini berjarak 25 tahun cahaya di konstelasi Piscis Austrinus.

Baca : Planet Raksasa Bangkit dari ‘Kematian’

Baca sambungannya disini : 10 Rekor Unik Exoplanet (Bagian I)

‘ ‘

Advertisements