Gambar Baru Curiosity Tangkap Kilatan Laser Di Batuan Mars

http:// .blogspot.com/
NASA Curiosity rover menggunakan kamera Mars Hand Lens Imager (MAHLI) untuk menangkap gambar pertama dari kilatan cahaya yang dihasilkan oleh laser yang ditembak di sebuah batu di Mars.

Kilatan cahaya muncul pada sebongkah batu Mars yang berukuran seperti bola bisbol dalam serangkaian gambar yang diambil pada hari Sabtu, 12 Juli oleh kamera Mars Hand Lens Imager (MAHLI) yang terletak di lengan NASA Curiosity. Kilatan itu terbentuk ketika instrumen Chemistry and Camera (ChemCam) menembakkan beberapa tembakan laser untuk menyelidiki komposisi batu.

Laser ChemCam telah mememriksa lebih dari 600 target batu dan tanah di Mars sejak Curiosity mendarat di planet Kawah Gale pada Agustus 2012. 

Ini sangat menarik! Laser ChemCam telah menembak lebih dari 150.000 kali di Mars, tapi ini adalah pertama kalinya kami melihat cendawan plasma yang dibuat laser tersebut, kata Sylvestre Maurice, ChemCam Deputy Principal Investigator Sylvestre Maurice di Institut Penelitian di Astrofisika dan Planetologi, di France’s National Center for Scientific Research and the University of Toulouse, Prancis. Setiap kali laser yang menyentuh target, cahaya plasma ditangkap dan dianalisis oleh spektrometer ChemCam ini“.

[embedded content]

Analisis awal dari spektrum ChemCam dari target batu ini yang dikenal bernama Nova,” menunjukkan komposisi yang kaya silikon, aluminium dan sodium,serta miskin debu. Ini adalah ciri khas batuan yang dihadapi Curiosity dalam perjalanan menuju Gunung Sharp.

NASA’s Mars Science Laboratory Project menggunakan Curiosity untuk mengukur lingkungan layak huni kuno dan perubahan besar dalam kondisi lingkungan Mars.

‘ ‘

Advertisements