Kehadiran Lautan Sangat Penting Untuk Mempertahankan Kehidupan Di Planet Asing

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi planet asing yang memiliki lautan

Para peneliti di University of East Anglia telah membuat langkah penting dalam lomba untuk menemukan apakah planet lain dapat mengembangkan dan mempertahankan kehidupan.

Penelitian baru yang dipublikasikan di jurnal Astrobiology menunjukkan peran penting lautan untuk membuat iklim di planet asing mirip Bumi.  

Sampai saat ini, simulasi komputer tentang iklim di planet asing layak huni yang mirip Bumi telah berfokus pada atmosfer mereka. Namun kehadiran lautan sangat penting bagi keseimbangan iklim yang optimal dan kelayakhunian. 
Tim peneliti dari UEA’s schools of Maths and Environmental Sciences menciptakan pola simulasi komputer tentang sirkulasi laut di sebuah planet hipotesis mirip Bumi yang mampunyai lautan. Mereka melihat bagaimana perbedaan tingkat rotasi planet yang akan berpengaruh pada pemindahan panas dengan hadirnya lautan tersebut.

Prof David Stevens dari UEA’s schools of Maths mengatakan: Jumlah planet yang ditemukan di luar tata surya kita semakin banyak. Penelitian ini akan membantu menjawab apakah planet tersebut bisa mempertahankan kehidupan asing atau tidak.

Kita tahu bahwa banyak planet tidak layak huni karena mereka terlalu dekat atau terlalu jauh dari matahari mereka. Zona layak huni sebuah planet didasarkan pada jarak dari matahari dan suhu di mana dimungkinkan planet tersebut dapat memiliki air cair. di permukaannya.

Tapi sampai sekarang, sebagian besar model kelayakhunian telah mengabaikan pengaruh lautan pada iklim.
  
Lautan memiliki kapasitas besar untuk mengontrol iklim. Lautan membantu karena mereka menyebabkan suhu permukaan planet lambat merespon terhadap perubahan musiman dalam pemanasan yang dilakukan matahari. Dan mereka membantu memastikan bahwa perubahan suhu di planet tetap pada tingkat ditoleransi.

Kami menemukan bahwa panas yang diangkut oleh lautan akan memiliki pengaruh besar pada distribusi suhu di seluruh planet, dan akan berpotensi planet tersebut menjadi layak huni.

“Misalnya Mars,planet ini dalam zona layak huni Matahari,namun planet ini tidak memiliki lautan sehingga suhu permukaannya dapat berubah pada rentang 100 derajat celcius.  Lautan membantu menjadikan iklim planet lebih stabil sehingga memasukkan mereka ke dalam model iklim sangat penting untuk mengetahui apakah planet ini bisa mengembangkan dan mempertahankan kehidupan.

‘ ‘

Advertisements