Astronom Temukan Exoplanet Yang Melakukan Transit Dengan Tahun Terpanjang

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi Planet Kepler421b yang berukuran mirip Uranus. Ini adalah planet gas yang mengorbit bintang jingga tipe K yang terletak sekitar 1000 tahun cahaya dari Bumi

Sebuah planet alien yang baru ditemukan kini memegang salah satu rekor baru tentang exoplanet.

Planet alien Kepler421b, yang melintasi wajah atau transit di depan bintang induknya dari sudut pandang Bumi membutuhkan waktu 704 hari Bumi untuk menyelesaikan satu orbit, dan tentunya exoplanet ini memiliki tahun terpanjang yang dikenal untuk setiap transit exoplanet, kata para peneliti. (Sebagai perbandingan, Bumi mengorbit matahari setiap 365 hari, dan Mars menyelesaikan orbitnya setiap 780 hari.)

Menemukan Kepler421b adalah keberuntungan, kata pemimpin penulis studi David Kipping, dari HarvardSmithsonian Center for Astrophysics di Cambridge, Massachusetts, mengatakan dalam sebuah pernyataan. Semakin jauh sebuah planet dari bintang induknya, semakin kecil kemungkinannya untuk transit di depan bintang induknya dari sudut pandang Bumi. Kita sangat beruntung menemukannya.

Biar lebih jelas, Kepler421b bukan pemilik tahun terpanjang dari setiap planet alien yang dikenal. Masih banyak exoplanet lain yang ditemukan dengan teknik non transit memiliki orbit terpanjang,termasuk planet raksasa gas GU Piscium b, yang memakan waktu sekitar 160.000 tahun untuk menyelesaikan orbitnya di sekitar bintang induknya. Namun,Kepler421b adalah planet yang memiliki orbit terpanjang yang ditemukan dengan menggunakan metode transit.

Kepler421b seukuran Uranus, terletak sekitar 1.000 tahun cahaya dari Bumi, di konstelasi Lyra. Planet ini ditemukan oleh TKepler421b, yang seukuran Uranus, terletak sekitar 1.000 tahun cahaya dari Bumi, di konstelasi Lyra. Hal ini ditemukan oleh NASA Kepler teleskop ruang angkasa, yang diluncurkan pada Maret 2009 untuk berburueleskop luar angkasa NASA Kepler, yang diluncurkan pada Maret 2009 untuk berburu exoplanet yang melakukan transit,yakni mencari perubahan kecil yang disebabkan ketika sebuah planet melintas di depan bintang induknya.

Kepler telah menemukan hampir 1.000 dunia asing sampai saat ini dan telah menandai lebih dari 3.000 calon lainnya yang masih perlu dikonfirmasi oleh pengamatan atau studi tindak lanjut. Anggota tim misi berharap bahwa setidaknya 90 persen dari calon ini akan berakhir menjadi planet.

Namun,wahana antariksa ini mengalami kerusakan pada Mei 2013 yang mengakhiri misi aslinya, tapi NASA baru-baru ini telah menandatangani sebuah misi baru, yang disebut K2.

Sebagian besar temuan wahana Kepler sejauh ini adalah dunia yang mengorbit relatif dekat dengan bintang induknya, karena planet tersebut lebih sering melakukan transit. Instrumen ini umumnya memerlukan tiga transit untuk mengidentifikasi sebuah planet ekstrasurya, tapi Kepler421b terdeteksi setelah melintas di wajah bintang induknya hanya dua kali, kata para peneliti.

Kepler421b mengelilingi bintang induknya, yang lebih dingin dan redup dari Matahari kita, pada jarak rata-rata 100 juta mil (160 juta kilometer). Ini menempatkan planet ini dalam “garis salju” di Tata Suryanya (batas antara planet berbatu dan gas.)

Planet gas sering juga tidak berada di luar garis salju. Para astronom telah menemukan banyak hot Jupiters dunia raksasa yang telah bermigrasi ke Tata surya dalam secara signifikan dari waktu ke waktu dan sekarang menyelesaikan orbit hanya dalam beberapa hari (dalam beberapa kasus, mereka bahkan menyelesaikan orbitnya dalam hitungan jam).

Bahkan kurangnya pergerakan Kepler421b yang membuatnya luar biasa, kata Kipping.

Studi baru ini di terbitkan secara online di Astrophysical Journal.

‘ ‘