Matahari Tiba-Tiba Tenang, Kemana Perginya Bintik Matahari?

http:// .blogspot.com/
Citra SOHO yang menunjukkan bintik Matahari. Wajah Matahari hampir bersih dari Bintik Matahari akhir-akhir ini. Ternyata Matahari punya jerawat juga ya 😀

Matahari sudah tenang. Nyaris terlalu tenang. Beberapa minggu yang lalu itu penuh dengan bintik matahari karena berada dalam masa Solar Maksimum (Siklus 11 tahun Matahari dimana ia paling aktif).

Tapi sekarang, hampir tak ada bintik matahari terlihat. Dalam gambar yang diambil Jumat oleh NASA Solar Dynamics Observatory, ada bintik kecil coklat tepat di pusat di mana bintik kecil tampaknya berkembang. Tapi hanya sehari sebelumnya, tidak ada. Itu adalah hari yang benar-benar bersih.

Jadi apa yang terjadi di sini? Fisikawan surya Tony Phillips menjulukinya “All Quiet Event” Itu masalah besar, atau tidak?

Ini aneh, tapi itu tidak super aneh, kata Phillips, yang menulis tentang aktivitas matahari pada situs webnya SpaceWeather.com. “Memiliki hari yang bersih dari bintik Matahari selama Solar Maksimum sangat aneh,tapi sekali lagi, kita sudah berada di ujung solar maksimum sehingga aktivitas Matahari sudah agak tenang”.

Phillips mencatat bahwa ini adalah solar maksimum terlemah yang teramati dalam era antariksa sekarang,dan ini juga menjadi Solar Maksimum terlemah dalam 100 tahun terakhir. Itu semua menggarisbawahi bahwa fisikawan Matahari benar-benar tidak tahu apa yang terjadi di matahari, kata Phillips. Kami tidak tahu bagaimana memprediksi matahari.

Bintik matahari sangat menarik bagi pengamat Matahari karena mereka adalah wilayah di mana aktivitas matahari seperti jilatan api matahari dan coronal mass ejections (ketika materi dari matahari melesat ke ruang angkasa) berasal.

Mereka disebabkan oleh medan magnet yang sangat terkonsentrasi yang sedikit lebih dingin dibanding permukaan sekelilingnya, itulah sebabnya mereka tampak gelap bagi kita. Medan magnet yang kuat bisa berputar dan kusut, yang menyebabkan banyak energi terbentuk. Jilatan api matahari dan coronal mass ejections terjadi ketika energi dilepaskan dalam cara yang sangat eksplosif.

Alex Young, heliophysicist di Goddard Space Flight Center, mengatakan sulit untuk mengatakan apa yang bisa dan tidak biasa terjadi di matahari.

Kami hanya pernah mengamati matahari dalam banyak detail selama 50 tahun terakhir, katanya. Itu tidak lama, mengingat Matahari sudah ada selama 4,5 miliar tahun.

Matahari tenang seperti ini sudah pernah terlihat sebelumnya. Tiga tahun yang lalu, pada 14 Agustus 2011 itu benar-benar bebas dari bintik matahari. Namun tahun itu ternyata memiliki aktivitas matahari relatif tinggi dengan beberapa flare kelas-X. Jadi dalam hal ini, matahari bersih dari bintik hanya istirahat sementara, seperti yang dia tulis di situs web-nya.

Apakah masa tenang ini akan berumur pendek atau bertahan lebih lama

“Anda tidak bisa memprediksikan Matahari”,kata Phillips.

Untuk melihat citra bintik Matahari secara realtime, dapat di lihat disini : SOHO>>Bintik Matahari

‘ ‘

Advertisements