NEOWISE Tangkap Citra Komet Yang Mirip Asteroid

http:// .blogspot.com/
Citra komet C/2013 UQ4 (Catalina)

  Komet C/2013 UQ4 (Catalina) telah diamati oleh wahana NASA Near-Earth Object Wide-field Infrared Survey Explorer (NEOWISE) hanya satu hari setelah melewati posisi terdekatnya dengan matahari. Komet bersinar terang dalam panjang gelombang inframerah, dengan ekor debu melesat lebih dari 62.000 mil (100.000 kilometer) di langit. Aktivitas spektakuler ini didorong oleh penguapan es yang telah diawetkan pada saat pembentukan planet sekitar 4,5 miliar tahun lalu.

Ekor membentuk kipas samar saat partikel debu yang lebih kecil menjauh dari matahari yang disebabkan oleh tekanan radiasi dari sinar matahari,kata James Bauer, peneliti di NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California.  

C/2013 UQ4 memakan waktu lebih dari 450 tahun untuk sekali mengorbit matahari dan menghabiskan sebagian besar waktunya berada jauh dari Matahari,pada suhu yang sangat rendah. Orbitnya juga retrograde, yang berarti bahwa komet ini bergerak mengelilingi matahari dalam arah yang berlawanan dengan orbit planet-planet dan asteroid.

Komet ini awalnya dianggap sebuah asteroid, yang sepertinya tampak tidak aktif ketika ditemukan oleh Catalina Sky Survey pada tanggal 23 Oktober 2013. NEOWISE juga mengamati komet ini tidak aktif pada malam tahun baru 2013, tetapi sejak itu, komet ini telah menjadi sangat aktif, memungkinkan para astronom di seluruh dunia untuk mengamatinya. Aktivitas komet ini akan turun karena sekali lagi ia kembali ke relung antariksa yang dingin.


‘ ‘

Advertisements