Menanti Puncak Hujan Meteor Southern Delta Aquariids Juli 2014

http:// .blogspot.com/
Titik radiant Hujan Meteor Delta Aquariids

Hujan meteor Southern Delta Aquarid merupakan hujan meteor yang terlihat dari pertengahan Juli hingga pertengahan Agustus setiap tahun dengan puncak aktivitas pada tanggal 28 Juli atau 29 Juli.Hujan meteor ini berasal dari pecahan komet Sungrazing Marsden dan Kracht.

Hujan meteor ini mendapatkan namanya karena mereka tampak terpancar dari konstelasi Aquarius, dekat salah satu bintang terang Aquarius, Delta Aquarii.

Pada puncaknya, Southern Delta Aquarid memancarkan hingga 15-20 meteor/jam,meteor ini rata-rata terpancar dari RA = 339 °, DEC = -17 °.

Waktu terbaik untuk melihat hujan meteor ini adalah jam-jam sebelum fajar. Meteor akan memancar dari konstelasi Aquarius, tetapi dapat muncul di mana saja di langit.

Jika Anda berencana untuk menonton hujan meteor Southern Delta Aquarid, berikut beberapa tips untuk anda:  

-Cari langit gelap: Kondisi melihat yang baik adalah dengan berada di tempat yang jauh dari lampu-lampu kota, sehingga pandangan anda tidak terganggu oleh polusi cahaya.  

-Jangan Menggunakan alat bantu penglihatan seperti teleskop karena hanya mengganggu penglihatan anda,sebaiknya jangan di gunakan agar pandangan anda lebih luas.

-Berpakaian hangat: Sediakan jaket atau sweter buat mengusir dinginnya udara malam  

-Suasana dibuat senyaman mungkin: sediakan kursi panjang buat berbaring untuk mengamati langit malam,apalagi di temani secangkir kopi panas, kalo bisa sih sambil dengarin mp3 🙂 

-Lebih mantap lagi menyediakan kamera,buat mengabadikan momen indah saat meteor menembus atmosfir bumi,tapi ingat jangan foto yang lain ntar yang terpotret  penampakan lagi, hihihihihihi Bercanda 🙂

‘ ‘

Advertisements