Planet Pendamping Bisa Jaga Kehangatan Bumi Alien Di Usia Tuanya

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi planet berbatu mengorbit Katai Merah

Manusia umumnya adalah makhluk sosial,dan dalam kasus planet,ternyata hal tersebut terjadi juga. Banyak bintang-bintang yang kini ditemukan memiliki planet (exoplanet), di orbit oleh dua atau lebih planet disekitarnya.

Sebuah studi baru, berjalan selangkah lebih jauh dan mengatakan bahwa planet pendamping ini benar-benar bisa menyelamatkan planet lain di usia tua nya.

Planet mendingin dengan bertambahnya usia mereka. Seiring waktu, inti cair mereka mengeras dan aktivitas inti yang menghasilkan panas berkurang. Akibatnya,planet tersebut menjadi kurang mampu mempertahankan dunia layak huni dengan mengatur karbon dioksida untuk mencegah pemanasan atau pendinginan yang tak terkendali,kata University of Washington.

Tapi astronom telah menemukan bahwa planet-planet tertentu seukuran Bumi kita, bisa menghasilkan panas yang cukup dengan bantuan tarikan gravitasi dari planet pendamping luar melalui proses yang disebut pemanasan pasang surut yang secara efektif mencegah pendingin internal, dan memperpanjang kesempatan planet tersebut menjadi dunia layak huni”.

Para peneliti menjalankan model komputer menemukan bahwa pemanasan pasang surut, yang dikenal terjadi pada bulan Jupiter Europa dan Io, juga bisa terjadi di planet seukuran Bumi yang berada di orbit nonmelingkar di sekitar bintang kerdil. Sebuah planet luar akan menjaga stabilisasi dalam orbit, menghasilkan pemanasan pasang surut dan menjaga kondisi planet cukup hangat bagi kehidupan.

Penelitian ini diterbitkan dalam Arxiv.

‘ ‘

Advertisements