5 Fakta Menarik Wahana Rosetta Dan Komet 67P

http:// .blogspot.com/
Gambar dekat Komet 67P yang diambil Rosetta pada tanggal 6 Agustus 2014

Wahana penyidik Rosetta membuat pendekatan bersejarahnya pada komet 67P / ChuryumovGerasimenko kemarin (6 Agustus),sehingga menbuat rosetta menjadi wahana pertama yang pernah dibuat manusia pernah bertemu dan mengorbit komet.

Sekarang,wahana ini terbang pada jarak 62 mil (100 kilometer) dari komet, pesawat ruang angkasa Rosetta diharapkan dapat mengumpulkan data yang akan membantu para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang komet. 

Berikut adalah lima fakta menakjubkan dari wahana Rosetta Komet 67P / CG:

1. Ini Bukanlah Rodeo Kosmik Pertama Rosetta

Rosetta melakukan tiga kali melintas dekat Bumi dan satu kali melintas dekat Mars untuk mendapatkan kecepatan yang cukup untuk melewati Jupiter dalam perjalanannya bertemu komet. Pesawat ruang angkasa ini juga berhasil mendapatkan beberapa pandangan menarik dari asteroid Steins dan Lutetia sebelum hibernasi pada tahun 2011.

Setelah 10 tahun, lima bulan dan empat hari perjalanan menuju tujuan kami, 5 kali mengelilingi Matahari dan menempuh jarak 6,4 miliar kilometer [4 miliar mil], kami sangat senang mengumumkan, akhirnya, Kami di sini, ” kata direktur jenderal ESA Jean Jacques Dordain. “Rosetta sekarang menjadi wahana pertama dalam sejarah yang bertemu dengan komet.

2. Rosetta Bepergian Pada Jarak 4 Miliar Kilometer Untuk Bertemu Komet 67P / CG

Meskipun Rosetta dan Komet 67P / CG berjarak sekitar 251 juta mil (450 juta km) dari Bumi sekarang, jumlah itu sedikit menipu. Sejak diluncurkan pada tahun 2004, Rosetta telah melaju melalui sistem tata surya pada perjalanan memutar untuk mengejar ketinggalan dengan sasaran komet tersebut.

Secara total, Rosetta menghabiskan satu dekade melintasi jarak 4 miliar mil (6,4 miliar km) untuk membuat pertemuan bersejarah dengan Komet 67P / CG pada 6 Agustus. Rosetta dan komet ini sekarang hanya berjarak sekitar 62 mil (100 km).

3. Rosetta Akan Menjatuhkan Wahana Pendarat Di Permukaan Komet

Saat ini, Rosetta membawa pendarat khusus yang siap diluncurkan ke permukaan Komet 67P / CG pada bulan November. Pendarat itu disebut wahana Philae. Sebelum Philae mendarat, pengendali misi akan mencari serangkaian tempat pendaratan yang potensial untuk probe. Setelah di permukaan, Philae akan mengirimkan data tentang komposisi komet serta mengambil pandangan spektakuler dari permukaan Komet.


4. Komet 67P / CG Sebesar Gunung

Komet 67P / CG memiliki lebar 2,5 mil (4 km), yang berarti bahwa jika itu jatuh di Bumi, itu akan lebih besar dari Gunung Fuji di Jepang, yang memiliki tinggi sekitar 2,3 mil (3,8 km).

Ukuran besar komet dipamerkan di foto baru yang dikirim kembali setelah probe membuat pertemuan bersejarah kemarin. Objek yang terlihat seperti batu-batu di permukaan komet ini sebenarnya besar seperti rumah, menurut pejabat ESA. Baca : Seberapa Besar Komet Rosetta?

5. Komet 67P Gelap Dan Berdebu

Saat terbang menuju Komet 67P / CG, Rosetta mengumpulkan beberapa data menarik tentang kemungkinan komposisi objek. Para ilmuwan sekarang berpikir bahwa komet ini memiliki banyak debu dan kerak gelap menutupi sebagian besar permukannya.

Ilmuwan ESA masih berencana untuk mempelajari lebih lanjut tentang komposisi komet menggunakan instrumen sebagaimana Rosetta semakin dekat dengan komet ini. Instrumen VIRTIS yang dibawa wahana ini dirancang untuk membuat peta suhu fitur komet.


‘ ‘

Advertisements