Badai Super Raksasa Ditemukan Mengamuk Di Uranus Saat Ini

http:// .blogspot.com/
Gambar inframerah dari badai di Uranus diperoleh pada tanggal 5-6 Agustus 2014 yang diambil oleh Keck Observatory, Hawaii.

Siapa yang bisa membayangkan Uranus sebagai planet tenang sekarang? Saat ini,Keck Observatory menangkap beberapa gambar spektakuler gelombang badai besar yang mengamuk beberapa hari yang lalu di planet ini, yang membuat astronom terkejut karena planet ini lewat equinox pada tahun 2007, ketika matahari berada paling tinggi di atas khatulistiwanya.

Fitur badai ini sangat terang,seperti yang kita lihat pada 6 Agustus 2014, mengingatkan saya pada sebuah badai yang sama terangnya yang terlihat di belahan bumi selatan Uranus selama masa menjelang equinoxnya. 

Astronom mengatakan bahwa badai ini sangat mengerikan dan mengingatkan mereka pada fitur yang dijuluki Berg, karena itu tampak seperti gunung es.

Berg pertama kali terlihat oleh salah satu pesawat ruang angkasa Voyager ketika terbang melintas pada tahun 1986. Badai ini bergerak di antara garis lintang selatan 32 dan 36 derajat antara tahun 2000 dan 2005. Setelah terlihat lebih terang pada tahun 2004, badai ini bergerak menuju khatulistiwa dan menjadi lebih kuat, di mana ia bertahan sampai tahun 2009.

Badai terbesar dari badai yang baru terlihat ini bahkan lebih besar dari Berg yang kemungkinan membentang tinggi ke troposfer planet, dan bisa menjadi fitur yang hidup panjang di Uranus.

Baca :  10 Fakta Planet Uranus Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Bahkan setelah bertahun-tahun mengamati Uranus, foto baru Uranus dari Keck Observatory bisa membuat saya katakan Wow !, kata Heidi Hammel, anggota tim pengamat. Jadi bisa dikatakan,Uranus masih bisa memberikan kita kejutan.

Ditemukan pada tahun 1781, Uranus adalah planet ketujuh di tata surya kita. Pada saat pengamatan Keck, Uranus berjarak 19,51 AU jauhnya, yang setara dengan 1,813 miliar mil (2,9 miliar km). Ia mengorbit matahari sekali setiap 84 tahun.

‘ ‘

Advertisements