Puncak Hujan Meteor Perseid Muncul Malam Nanti

http:// .blogspot.com/
Ilustrasi hujan meteor Perseid yang terpancar dari konstelasi Perseus

Hujan meteor perseid sebenarnya sudah berlangsung sejak tanggal 17 Juli hingga 24 Agustus mendatang..Namun hujan meteor Perseids diperkirakan akan mencapai puncaknya tengah malam nanti (12-13 Agustus) yang akan menjatuhkan 50 hingga 100 meteor per jam. Perseid merupakan salah satu hujan meteor terlebat sepanjang tahun. 

Material dari hujan meteor Perseid ini berasal dari debu ekor komet Swift Tuttle yang ditemukan oleh Astronom Lewis Swift dan Horace Tuttle dari Amerika pada tahun 1862. Bumi yang berevolusi mengelilingi matahari melewati lintasan dari serpihan debu komet Swift Tuttle ini setiap tahunnya, lebih tepatnya setiap bulan Agustus. 

Komet tersebut memiliki periode orbit 130 tahun, terakhir kali komet mendekati Bumi pada tahun 1992 dan diperkirakan akan kembali tahun 2126.Saat Bumi melintasi serpihan bebatuan dari ekor komet Swift Tuttle, bebatuan tersebut mau tak mau tertarik oleh gravitasi bumi, menuju bumi, dan terbakar oleh lapisan atmosfer yang menyebabkan terlihat seperti bintang jatuh di langit malam. Bebatuan meteor terbakar lebih dulu di atmosfer sehingga saat jatuh ke bumi hanya berupa butiran pasir yang sama sekali tak berbahaya.

Hujan meteor ini dinamakan Perseid karena radian munculnya meteor akan berada dekat Rasi Perseus. Pada puncaknya tanggal 12-13 Agustus 2013 lepas tengah malam, Rasi Perseus berada di langit timur laut. 

Jika Anda berencana untuk menonton hujan meteor Perseid, berikut beberapa tips untuk anda: 

-Cari langit gelap: Cari tempat yang jauh dari lampu-lampu kota, yang dapat menghambat pandangan Anda. 

-Jangan Menggunakan alat bantu penglihatan seperti teleskop karena hanya mengganggu penglihatan anda,sebaiknya jangan agar pandangan anda lebih luas. 

-Berpakaian hangat: Sediakan jaket atau sweter buat mengusir dinginnya udara malam  

-Suasana dibuat senyaman mungkin: sediakan kursi panjang buat berbaring untuk mengamati langit malam,jangan lupa pake jaket dan secangkir kopi panas kalo bisa sih sambil dengarin mp3 🙂  

-Lebih mantap lagi menyediakan kamera,buat mengabadikan momen indah saat meteor menembus atmosfir bumi,tapi ingat jangan foto yang lain ntar yang terpotret penampakan lagi, hihihihihihi Bercanda 🙂

‘ ‘

Advertisements