Wahana New Horizons Tangkap Citra Pluto Dan Charon Yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

http:// .blogspot.com/
Citra Pluto dan Charon yang diambil oleh New Horizons

Sebuah pesawat ruang angkasa NASA yang meluncur menuju Pluto berhasil menangkap citra menakjubkan dari planet kerdil Pluto dan bulan terbesarnya, Charon dan menjadikannya video.

Wahana New Horizons menggunakan teleskop yang dibawanya untuk merekam video Charon dan Pluto yang terkunci dalam tarian orbital mereka. Film ini terdiri dari 12 gambar individu yang diambil dari 19 Juli sampai 24 Juli hampir tepat satu tahun sebelum wahana ini mendekati Pluto yang dijadwalkan terjadi pada tanggal 14 Juli 2015.

Urutan gambar yang menunjukkan Charon berputar di sekitar Pluto adalah rekor untuk jarak dekat pencitraan Pluto,”¬†peneliti utama New Horizons Alan Stern, dari Southwest Research Institute di Boulder , Colorado, mengatakan dalam sebuah pernyataan. Tapi kita akan menghancurkan rekor itu lagi dan lagi, mulai bulan Januari, saat operasi pendekatan dimulai.”

“Kami sangat bersemangat untuk melihat target kami dan satelit terbesarnya dalam gerakan, kurang dari setahun dari pertemuan bersejarah di depan! tambahnya.

New Horizons berjarak sekitar 265 juta mil (426 juta kilometer) dari Pluto ketika mengambil 12 foto ini, kata para peneliti.

Dengan lebar 750 mil (1.200 km), Charon adalah Bulan terbesar dari lima bulan Pluto yang diketahui. Charon mengorbit hanya 11.200 mil (18.000 km) di atas permukaan planet kerdil itu. Sebagai perbandingan, bulan Bumi terletak rata-rata 239.000 mil (385.000 km) jauhnya dari Bumi.

Karena mereka berdekatan, Pluto dan Charon mengorbit titik gravitasi pusat, yang dikenal sebagai barycenter, yang terletak di antara dua benda biner. Video baru yang dirilis oleh tim sains New Horizons berpusat pada titik barycentric.

Tim New Horizons merilis video baru ini akhir pekan lalu, hanya beberapa hari setelah citra spektakuler Pluto dan Charon lainnya dari ALMA radio observatorium di Chile keluar.

[embedded content]

ALMA (Atacama Large Millimeter / submillimeter Array) mengambil foto untuk membantu memandu perjalanan New Horizons ke sistem Pluto, yang terletak sekitar 40 kali lebih jauh dari matahari – bumi. (40 AU).

Pengamatan ALMA ini membantu mencari posisi dan jalur tepat Pluto di sekitar matahari, yang sampai hari ini belum sempurna diketahui, kata para peneliti. Kesenjangan pengetahuan tidak terlalu mengejutkan, mengingat planet kerdil ini telah diamati hanya sepertiga dari orbitnya sampai saat ini. (Pluto membutuhkan waktu 248 tahun untuk menyelesaikan satu putaran mengelilingi matahari dan planet ini baru ditemukan pada tahun 1930)

‘ ‘

Advertisements