Jejak Batu Berguling Di Permukaan Mars Terlihat Dari Luar Angkasa

http:// .blogspot.com/
NASA Mars Reconnaissance Orbiter melihat jejak batu lonjong (kanan bawah) yang bergulir di lereng di Planet Merah. Gambar itu diambil pada tanggal 3 Juli 2014.

Mars Reconnaissance Orbiter yang saat ini mengorbit Planet Merah telah melihat jejak yang ditinggalkan sebuah batu yang jatuh menuruni lereng Mars. Jejak batu yang ditinggalkan di permukaan Mars sangat jelas terlihat dalam pandangan pesawat ruang angkasa dari orbit. NASA meluncurkan gambar hitam dan putih yang diambil MRO pada Rabu (13 Agustus), gambar itu sebenarnya ditangkap pada tanggal 3 Juli.

Dengan melihat bayangan batu itu, para ilmuwan di NASA telah menghitung bahwa batu itu memiliki tinggi sekitar 20 meter (6 meter) dan lebar 11,5 kaki (3,5 m).   

Jejak batu yang menuruni lereng ini  sekitar 500 meter jauhnya,” tulis pejabat NASA dalam keterangan gambar. Jejaknya memiliki pola berulang yang aneh, yang menunjukkan batu ini tidak bisa berguling langsung karena bentuknya.

http:// .blogspot.com/
NASA Mars Reconnaissance Orbiter mengambil gambar ini, menunjukkan jejak yang ditinggalkan oleh batu bergulir yang jatuh di sisi lereng pada 3 Juli 2014.

Para ilmuwan menggunakan kamera MRO’s High Resolution Imaging Science Experiment, atau HiRISE untuk mengambil gambar batu berguling ini.

Mars Reconnaissance Orbiter diluncurkan ke ruang angkasa pada tahun 2005 dan telah mengorbit Planet Merah sejak tahun 2006. Selama ia bertugas,wahana ini telah mengirim banyak gambar spektakuler permukaan planet Mars.

‘ ‘

Advertisements